Kemenpar Gelar Karnaval Jalan Cantik

:


Oleh Untung S, Minggu, 24 April 2016 | 13:40 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 403


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pariwisata bekerjasama Pemprov DKI Jakarta, Lions Clubs International, dan Kongres  Wanita Indonesia (Kowani) menyelenggarakan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016.

Penyelenggaraan even ini dalam rangka memperingati Hari Kartini  21 April 2016 dan akan berlangsung  pada hari Minggu 24 April 2016 yang dimulai dari halaman Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar menuju Bundaran HI dan kembali ke kantor Kemenpar.

Even karnaval  yang diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan berbagai macam pakaian etnis nusantara tersebut  akan menggambarkan tema peringatan Hari Kartini 2016 yakni “Semangat Kartini Wujudkan Generasi Berkarakter dan Berbudaya” serta menjadi atraksi wisata menarik sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang tahun ini menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara di Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Karnaval Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 dalam upaya mengingatkan kembali dan memahami makna perjuangan Ibu Kartini untuk kaum perempuan Indonesia khususnya perempuan di Jakarta, memberi dukungan dan kesempatan untuk mengapresiasikan dan mengaktualisasi diri, serta menjalin kelangsungan silaturahmi satu sama lainnya.

“Even karnaval seperti ini merupakan atraksi yang menarik dan menjadi sarana promosi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Jakarta,” kata Menpar Arief Yahya usai me-launching  Jalan Cantik & Keren Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Jumat (22/4).

Menpar Arief Yahya, even ini akan menarik perhatian masyarakat luas dan akan menjadi obyek menarik untuk berfoto selfi kemudian disebarluaskan melalui media sosial  menjadi sarana promosi yang efektif bagi pariwisata.

Menurut panitia penyelenggara, karnaval ini akan diikuti sekitar 3.000 peserta dengan mengenakan pakaian etnis nusantara. Para peserta dengan penampilan terbaik akan diberikan rewarding  sebagai best performance  & customs.

Karnaval juga disemarakan dengan art performance dengan menampilkan parade ondel-ondel, parade Abang dan None Jakarta, parade Koko Cini, dan marching band. Selain itu dimeriahkan pula dengan penyelenggaraan bazaar kuliner Nusantara bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) yang berlangsung di halaman kantor Kemenpar serta acara hiburan dan penarikan door prize.

Acara launching Jalan Cantik & Keren Etnik Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman  disemarakan dengan pembacaan puisi,  paduan suara dari St Urusula, demo membantik dari Museum Tekstil Jakarta,   talkshow speech tiga tokoh nasional, fashion show batik dan tenun, serta demo kecantikan dari Kose.