ASN Dituntut Miliki Tanggungjawab Tinggi

:


Oleh MC Kabupaten Bulungan, Rabu, 20 April 2016 | 10:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 459


Bulungan, InfoPublik - Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah aparatur yang melayani masyarakat. Bupati Bulungan, H Sudjati menekankan hal itu saat membuka resmi Diklat Pra Jabatan Golongan III di lingkungan Pemkab Bulungan Rabu, (20/04).

Diklat bagi angkatan I dan II berlangsung mulai 20 April hingga 27 Mei 2016 diikuti sebanyak 28 CPNS untuk tiap angkatan dengan instruktur dari Bandiklat Kaltim serta Bulungan. Selama lebih dari satu bulan mereka akan mendapat materi seputar nilai dasar profesi ASN, terdiri 18 hari materi di dalam kelas dan 15 hari aktualisasi di lapangan yaitu di satuan kerja masing-masing. Total 56 CPNS di lingkungan Pemkab Bulungan berasal dari formasi CPNS tahun 2014.

“Diklat Prajab ini prasyarat mutlak agar CPNS dapat diangkat menjadi PNS, namun kita berharap lebih dari itu,” ucap Bupati. Disebutkan, tujuan utama diklat prajab yaitu membentuk sikap, mental dan karakter yang kuat agar PNS memiliki nilai strategis yang berguna baik bagi diri sendiri maupun dalam pelaksanaan tugas-tugas organisasi. Secara umum setelah diklat, para CPNS memiliki tanggungjawab tinggi dalam melaksanakan tugas dan tangggungjawabnya. Ini sesuai tujuan utama diklat prajab sesuai PP Nomor 101 tahun 2000.

“Saya berharap seluruh peserta diklat nantinya dapat bekerja lebih efektif, efisien dan akuntabel dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat,” pesannya.

Ditambahkan, aparatur pemerintah saat ini dituntut untuk selalu membuka mata dan hati terhadap kepentingan masyarakat. Maka itu pola materi yang diajarkan dalam diklat menekankan agar aparatur dapat menjunjung tinggi etika publik, memberikan inovasi dalam pelayanan serta memiliki kemampuan untuk tidak korupsi.“Kita adalah aparatur pemerintah yang melayani masyarakat,”jelasnya.(MC.Kab.Bulungan/Eyv)