APBD Bitung Fokuskan Program Prioritas

:


Oleh MC Kota Bitung, Rabu, 20 April 2016 | 10:21 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 590


Bitung, InfoPublik – Walikota Bitung, Max Lomban saat menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017, Selasa ,(19/4).

Musrembang itu digelar di Sutan Raja Hotel Kalawat Minut yang dihadiri seluruh kepala daerah se-Sulut dan dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo serta dihadiri Menkopolhukam, Luhut Panjaitan, Wakil Menteri Keuangan, Prof DR Mardiasmo dan Kepala BPKP RI, DR Ardan Adi dan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandou.

“Musrenbang RKPD Provisi Sulut untuk tahun 2017 ini difokuskan pada program-program prioritas yang ada di Provinsi Sulut termasuk kabupaten/kota didalamnya,”ujar Lomban.

Pembagian APBD kata Lomban, tidak akan disamaratakan ke semua SKPD, fokus pada program prioritas seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pangan.

“Karena menurut Wakil Menteri Keuangan RI, kalau tidak ada program prioritas tidak akan nampak pembangunan dalam suatu daerah,” katanya.

Musrenbang kali ini untuk mengklarifikasi, merevisi dan menyusun kerangka pembangunan di Sulut dengan mensinkronkan kinerja dan program pemerintah pusat ke pemerintah provinsi dilanjutkan ke Pemerintah kabupaten/kota.

“Sinergitas yang dibangun bukan hanya lintas eksekutif saja, melainkan harus bersama-sama pihak legislatif dan aparat TNI/Polri,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Bitung akan terus berusaha mewujudkan visi pembangunan Indonesia tahun 2015-2019 dengan mensinergikan program dan kegiatan RKPD berdasarkan RPJMD dan RPJMN serta mendukung agenda prioritas dan pencapaian sasaran pembangunan masional tahun 2017.

“Dengan cara membangun komitmen yang tinggi dan bekerja sama melibatkan seluruh kelompok dan lapisan masyarakat dalam membangun Kota Bitung,” katanya. (MC-Kota Bitung/Hrl/eyv)