Wisata Hiu Paus Di Bone Bolango Kembali Di Buka Untuk Umum

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 19 April 2016 | 16:29 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Bone Bolango, InfoPublik – Setelah ditutup selama kurang lebih satu minggu, objek wisata Hiu Paus yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, kembali dibuka untuk umum, mulai Minggu (17/4).

Pembukaan objek wisata tersebut dilakukan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ir. Ishak Ntoma, M.Si, sekaligus menandai mulai diterapkannya peraturan berinteraksi dengan hiu bagi pengunjung.

"Sengaja pemerintah tutup dulu kawasan ini untuk menata sekaligus mengatur. Sekarang peraturannya ketat, tidak bisa menyentuh hiu paus dan buang sampah,"kata Gubernur Rusli Habibie.

Ia mengataan, kemunculan kawanan Hiu Paus di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone menjadi anugerah bagi warga dan nelayan setempat, karena mendatangkan wisatawan lokal maupun asing.

Sejumlah peraturan yang mulai diterapkan pada kawasan wisata Hiu Paus atau Mungiyango Hulalo dalam bahasa Gorontalo itu, di antaranya jumlah perahu harus dibatasi dan telah memiliki izin resmi pengelola.

Bahkan kecepatan kapal ketika mendekati kelompok Hiu Paus harus disesuaikan, yakni 10 knot jarak 1 mil dan 2 knot jarak 50 meter.  Begitu juga dengan jumlah wisatawan yang melakukan penyelaman dan snorkeling dibatasi dalam sekali turun, yakni 6 orang dengan 1 pemandu.

Aturan lainnya yakni durasi berinteraksi dengan Hiu Paus maksimum 15 menit untuk setiap grup bagi penyelam, serta 30 menit untuk setiap perahu/kapal. Pengunjung juga tidak diperkenankan menyentuh Hiu Paus, mengambil foto menggunakan cahaya serta wajib mematuhi arahan pemandu.

"Yang kami atur juga posisi perahu. Nanti ada satu speed boat di tengah yang bertugas memberi makan, sementara perahu pengunjung di sekitarnya," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Gorontalo Sutrisno, ketika diwawancarai awak media di lokasi wisata Hiu Paus, di Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. (Hms/Kadir/toeb).