Bebaskan Sandera, Pengamat: Gunakan Solidaritas Asean

:


Oleh Masfardi, Selasa, 19 April 2016 | 23:22 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 132


Jakarta, InfoPublik - Pengamat Militer dan Inteligen Susaningtias Kertopati Nefo mengatakan lebih baik pemerintah mempergunakan solidaritas Asean untuk percepatan pembebasan warga yang disandera Abu Sayyaf.

“Masalah itu  dapat diangkat sebagai masalah  keluarga besar Asean, sehingga dapat dijadikan masalah bersama, kita berharap  ada peran dari pihak Asean dan dijadikan penyanderaan itu sebagai masalah bersama, bukan hanya masalah bilateral antara Filipina dan Indonesia saja, tapi juga masalah bagi semua negara Asean lainnya,” kata Susaningtias di Jakarta,  Minggu17/4).

Dia mengatakan hal itu harus dijadikan momentum, dimana masalah ini bisa membuktikan solidaritas sesama negara Asean.

Bila ada warga negara Asean yang disandera oleh satu kelompok, menurutnya negara Asean harus ikut merasakan dan membuktikan solidaritasnya.

Dia mengatakan  langkah yang diambil harus hati-hati, karena itu merupakan masalah keluarga Asean, jangan masalahan ini menimbulkan dampak pada persatuan negara Asean.

Indonesia pun diminta mengirimkan tim negosiasi, untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pembajak itu, juga untuk mengetahui kemampuan dari Filipina itu sejauh mana, sementara  TNI kita masih tidak diperbolehkan masuk kesana.