Taman Sidhandhang Pesona Wisata Dewi Kano

:


Oleh MC Provinsi Jawa Tengah, Senin, 18 April 2016 | 17:32 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Purworejo, InfoPublik - Dewi Kano merupakan salah satu desa di Kabupaten Purworejo yang mempunyai potensi wisata alam. Letak Desa Wisata Kaligono berada di ibukota Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Akses menuju Desa Wisata Kaligono cukup mudah, hanya 25 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Di Desa Kaligono ini terdapat dua objek wisata yang sudah dikelola, yakni Wisata Curug Siklothok dan Taman Sidandhang. Taman Sidhandhang resmi dibuka sebagai objek wisata pada tanggal 14 Juni 2015 lalu.

Pengelolaan Wisata Taman Sidhandhang ini dilakukan dengan swadaya masyarakat. 20 orang warga terlibat dalam pengelolaan wisata ini.

Pengelolaan yang dilakukan masyarakat tergolong sudah cukup baik. Terbukti dengan tingginya animo pengunjung yang datang dan disediakannya paket-paket wisata yang dapat dipilih oleh pengunjung sesuai keinginannya. Dengan adanya paket wisata tersebut sangat membantu pengunjung dalam menikmati wisata.

Tiket masuk wisata yang dibebankan kepada pengunjungpun sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp3.000 saja pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Taman Sidhandhang. Tentunya harga tiket tersebut belum termasuk wisata Canyoning dan Ciblonan.

Animo pengunjung sangat tinggi. Tercatat rata-rata setiap bulannya pengunjung yang datang berkisar di angka 2.000 orang. “Bahkan kunjungan pada bulan Januari 2016 tercatat sebanyak 6.000 pengunjung yang datang ke wisata Taman Sidhandhang ini,” jelas Suroto, Kepala Desa Kaligono, saat disambangi Tim Media Center Jateng, Jum’at (15/4).

“Kedepannya akan kami bangun taman baca, sehingga pengunjung dapat menikmati membaca di tempat yang masih asri dan indah,” jelasnya. (Media Center Jateng/toeb)