Pelukis Jalanan Bisa Ikut MTQ

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 18 April 2016 | 00:00 WIB - - 2K


Batam, InfoPublik  - Pelukis jalanan pun bisa berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran tahun ini. Pasalnya mulai tahun ini ada satu kategori tambahan dalam cabang lomba khathil Quran atau kaligrafi, yakni kontemporer.

Ketua Dewan Hakim Khathil Quran, Alimuddin, mengatakan, untuk kategori ini sedikit lebih bebas dibanding kategori naskah, hiasan mushaf, dan dekorasi.

"Kalau kontemporer ini dia tidak pakai kaidah. Paling gampang, lebih bebas, tidak pakai banyak ketentuan. Bisa melukis, bisa membuatnya. Tapi yang penting bisa ngaji (baca Al-Quran,red.), supaya tahu huruf. Jadi pelukis di jalan juga bisa ikut, sebagai syiar agama juga," kata Alimuddin saat ditemui di lokasi lomba, SMPN 31 Batam.

Menurutnya, untuk kategori kontemporer tidak perlu pelatihan khusus. Berbeda dengan tiga kategori lain yang harus sesuai kaidah. Sehingga dengan belajar satu tahun lamanya pun belum tentu bisa.

"Tiga cabang lain, bagaimanapun cantik dan hebat karyanya kalau kaidahnya tidak tepat tak bisa. Untuk kaidah itu 60, selebihnya untuk keindahan, penataan warna, imajinasi. Jadi walaupun hiasannya sederhana tapi yang dicari hari ini yang kaidahnya bagus," papar dia.

Meski kontemporer tergolong lebih mudah, belum semua kecamatan mengirimkan wakilnya. Alimuddin mengatakan dari jumlah peserta yang seharusnya 96 orang, lomba ini hanya dihadiri 64 peserta.

Ia juga menjelaskan pada cabang lomba khath ini tidak ada tema khusus yang ditentukan bagi peserta. Hanya untuk golongan naskah ada yang sifatnya wajib dan pilihan. Untuk yang wajib ditentukan jumlah barisnya 10-15 baris sedangkan pilihan 3-5 baris.

"Ayat apa, jus berapa, halaman berapa, terserah. Naskah ini tujuannya untuk bisa menulis buku, makanya hitam putih saja. Sedangkan hiasan mushaf untuk menulis di halaman pertama Al-Quran. Dan dekorasi itu seperti untuk sampul Quran, atau menulis di dinding masjid, dan dekorasi ruangan. Kalau kontemporer untuk lukisan," kata Alimuddin menyebutkan tujuan tiap golongan lomba. (MC Batam/Kartika/Eyv)