Kuatkan Budaya dan Kearifan Lokal

:


Oleh dishubkominfo kab murung raya, Senin, 18 April 2016 | 11:34 WIB - - 706


Puruk Cahu, InfoPublik – Bupati Murung Raya, Drs.Perdie M Yoseph meminta agar budaya lokal tetap dipertahankan, hal tersebut agar budaya lokal tidak mudah luntur dan dapat menangkal masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan kearifan budaya lokal.

“Perlu sebuah gerakan ketahanan budaya lokal terhadap masuknya budaya-budaya yang berasal dari luar yang semuanya tidak sesuai dengan budaya dan kearifan lokal yang kita miliki,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Untuk melaksanakan gerakan ini,lanjut Perdie, bisa digunakan pada bidang pendidikan baik dengan cara formal maupun nonformal, seperti memasukkan mata pelajaran di sekolah-sekolah atau pun membuat sanggar seni budaya yang mengajarkan dan melatih seni budaya lokal yang dapat menjadi wadah sosialisasi budaya-budaya lokal kepada generasi muda.

“Tentunya saya mengharapkan Dinas Pariwisata supaya proaktif dan mempertahankan maupun mengembangkan budaya yang kita miliki, karena budaya ini sebuah kebanggan dan suatu kehormatan yang kita miliki dari peninggalan nenek moyang terdahulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, karena budaya merupakan suatu sejarah yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari sehingga perlunya diresapi, dicintai dan dilestarikan apa-apa yang sudah menjadi budaya masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

Bahkan, jelasnya, perkembangan dan peradaban masyarakat modern saat ini ditandai dengan globalisasi yang dapat menyebabkan pergeseran dan perubahan budaya.

Bahkan, lanjut dia lagi, kemajuan tegnologi melahirkan media-media sosial baru seperti internet yang dapat memicu pudarnya perhatian terhadap budaya-budaya lokal yang ada utamanya di kalangan generasi muda.(Mc Kab. Murung Raya/Kus)