Pemkab Muba Ajak PLN Tingkatkan Sinergitas

:


Oleh MC Kab Musi Banyuasin, Jumat, 15 April 2016 | 07:25 WIB - Redaktur: Tobari - 460


Sekayu, InfoPublik - Masalah listrik yang saat ini melanda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sangat dirasakan oleh masyarakat, selain berdampak sosial juga berdampak secara ekonomi terutama bagi para pelaku usaha yang berkaitan langsung dengan energi listrik. 

Kepala Dinas Pertambangn dan energi Ir H Hendriadi menjelaskan bahwa berbagai upaya saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah di antaranya dengan membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Yaitu, dari gardu induk Betung ke gardu induk Muara Teladan dan membangun SUTT dari PLTU Mulut Tambang ke gardu induk C3 kecamatan Sungai Lilin untuk menambah daya sesuai kebutuhan listrik Muba. 

"Ini luar biasa kalau selesai, lebih dari cukup untuk membuat Muba terang-benderang. kita juga akan bangun jaringan baru 68 km ke kecamatan Lalan yang saat ini sangat minim listrik, sehingga nanti akan menikmati listrik yang lebih baik," ujar Hendriadi pada rapat pembangunan jaringan SUTT PLN di ruang rapat Sekda, Rabu(13/4). 

Oleh karena itu, untuk mempercepat pembangunan ini diperlukan kerja ekstra serta koordinasi yang lebih baik lagi antara PLN selaku leading sector dan Pemkab. Muba mendukung PLN dalam setiap upaya percepatan pembangunan SUTT tersebut. 

Asisten II Ir Sulaiman Zakaria MT selaku pimpinan rapat tersebut menegaskan bahwa Pemkab Muba berkomitmen mengajak PLN untuk segera melakukan upaya-upaya percepatan pembangunan SUTT tersebut.

“Minggu depan kita akan undang PLN unit Palembang atau Unit Induk Pembangunan (UIP) tiga PLN untuk duduk bersama mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan kita dalam pembangunan SUTT ini, sehingga dapat terlaksana secepat mungkin, mengingat pentingnya kebutuhan listrik di Muba," ujarnya. 

Hadir dalam rapat tersebut di antaranya Asisten I H Rusli SP MM, Camat sungai Lilin Akhmad Toyibir SSTP MM, Kepala DKPPLJ  Drs Yohanes Yubhar MM, Direktur MEP Mulyadi dan Herman perwakilan Dishut. (Beritamuba / Angga/toeb)