Anggaran Negara Harus Berorientasi Manfaat Untuk Rakyat

:


Oleh MC Kabupaten Sorong, Kamis, 14 April 2016 | 20:58 WIB - Redaktur: Tobari - 366


Sorong, InfoPublik – Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, diharapkan anggaran Negara harus berorientasi pada manfaat untuk rakyat. Demikian disampaikan Inspektur Utama Bappenas RI Slamet Sudarsono di Aimas, Kamis (14/4).

Artinya, anggaran itu berorientasi prioritas untuk mencapai pembangunan nasional. Kebijakan anggaran yang dilakukan uang mengikuti program prioritas.

“Tidak semua tugas dan fungsi dibiayai secara merata, sehingga perlu memangkas kegiatan yang nomenklaturnya tak jelas. Bahkan juga tak ada manfaat langsung kepada masyarakat,” jelas Sudarsono.

Semua nomenklatur proyek harus jelas, seperti membeli jaring, benih dan seterusnya. Saat ini Bappenas bersama-sama dengan kementerian/lembaga telah menyiapkan perencanaan  dan pendekatan baru, yaitu pendekatan holistik, tematik dan parsial mengupaya pencapaian sasaran dengan prioritas nasional agar dapat berjalan efektif dan efisien.

Dalam perencanaan pendekatan tersebut kegiatan kementerian/lembaga yang secara langsung mendukung tercapai prioritas nasional menjadi program dan kegiatan yang pas. Bappenas akan merubah fungsinya sehingga kebijakannya itu bisa secara bertahap, kata Sudarsono. (MC.Sorong/rim/toeb)