Sriwijaya Dive Community Observasi Pulau Maspari Untuk Wisata Menyelam

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 15 April 2016 | 10:33 WIB - Redaktur: Tobari - 845


Palembang, InfoPublik - Provinsi Sumatera Selatan punya potensi wisata pantai yang indah dan tak kalah menarik dari tempat lain di Tanah Air. Namanya Pulau Maspari yang berlokasi di pantai timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Keindahan Pulau Maspari menarik minat komunitas penyelam “Sriwijaya Dive Community”, yang akan mengobservasi Pulau Maspari, sekaligus mengibarkan bendera Asian Games di bawah air. Rencananya mulai 23 hingga 27 April 2016.

Seperti diketahui, Palembang, bersama Jakarta, akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Perhelatan olahraga antar negara Asia itu dimulai Agustus hingga September 2018.

“Kami tertarik dengan Pulau Maspari untuk dijadikan kawasan wisata diving. Kami akan melakukan kegiatan observasi dan penelitian untuk melihat apakah pulau ini cocok untuk wisata diving,” ujar Tomo, pengurus Sriwijaya Dive Community, saat pertemuan dengan Wakil Gubenur Sumsel Ishak Mekki, di Kantor Pemprov Sumsel, Rabu (6/4).

Menurut dia, Pulau Maspari bakal menarik minat wisatawan, terutama dari Singapura dan Malaysia, yang secara kewilayahan dekat dengan Pulau Maspari. “Melalui observasi Pulau Maspari ini kita harapkan mendapatkan hasil yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia,” ujar Tomo.

Sementara itu, Pemprov Sumsel mendukung rencana observasi Pulau Maspari. “Silahkan dilakukan penjajakan, bila perlu bersama Lanal Palembang dan SKPD terkait,” kata Ishak.

Mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) ini menjelaskan, Pulau Maspari luasnya sekitar 200 hektare. Dahulunya pulau ini tempat pembibitan udang semasa gubernur Rosihan Arsyad. Di sana juga ada habitat penyu. Lanal Palembang dulunya juga ingin memanfaatkan Pulau Maspari sebagai salah satu lokasi diklat menyelam.

Jika hasil obervasi Pulau Maspari layak jadi lokasi wisata menyelam, Pemprov Sumsel tentu akan membangun fasilitas pendukung di sana, jelas Ishak. (MC Kota Palembang/Yunani/Hidayatullah/Az/toeb).