Pemkab Agam Tingkatkan Konsumsi Ikan Dengan Gelar Berbagai Lomba

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 14 April 2016 | 06:18 WIB - Redaktur: Tobari - 299


Agam, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menggelar berbagai lomba bernuansa ikan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat setempat. Kegiatan tahunan itu, dibuka oleh Bupati Agam, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Mulyadi.

Turut mendampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam Ermanto dan Ketua Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Ny. Vita Indra Catri di Muko-muko Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (12/4). 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam Ermanto mengatakan, lomba yang diadakan itu, antara lain lomba memasak serba ikan yang diikuti oleh Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) 16 kecamatan, dan lomba jingle tentang ikan antar pelajar SMA, SMK dan MA. 

Sementara untuk tingkat anak-anak, digelar lomba mewarnai ikan antar murid Taman Kanak-kanak (TK). Kegiatan ini diadakan selama satu hari di taman objek wisata Muko-muko Danau Maninjau dan terlaksananya kegiatan ini berkat kerjasama DKP Agam dengan Forikan Agam. 

Ermanto menambahkan, lomba ini bertujuan untuk memasyarakatkan makan ikan dan meningkatkan budaya makan ikan, karena tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Agam hanya 30 kilogram per orang perkapita per tahun. 

Tingkat konsumsi ikan di Agam, lebih rendah dari Sumbar dengan jumlah 36 kilogram perkapita per tahun. "Dengan kegiatan ini, kami berharap tingkat konsumsi ikan Agam akan meningkat," katanya. 

Sementara itu, Ketua Forikan Agam Ny. Vita Indra Catri, menambahkan, Forikan Agam terus melakukan sosialisasi untuk gemar makan ikan ke masyarakat melalui beberapa kegiatan-kegiatan sosial ataupun acara program pemerintah.

"Ini merupakan tugas kami untuk mengajak masyarakat makan ikan. Karena, program Forikan merupakan salah satu program unggulan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kosumsi ikan," katanya. 

Asisten Administrasi Umum Mulyadi dalam membacakan sambutan bupati, mengatakan, gerakan makan ikan ini bukan hanya program nasional, melainkan program dari negara maju, karena banyak konsumsi ikan akan menjadi pintar. 

"Ini disebabkan karena ikan merupakan sumber protein hewani yang banyak mengandung gizi terutama Omega tiga yang dapat mencerdaskan otak," terangnya. 

Untuk itu, Mulyadi mengajak kepada masyarakat untuk lebih banyak memakan ikan, karena bisa mencerdaskan otak dan postur tubuh akan tinggi dan kuat. 

Menurutnya, masyarakat Agam tidak terlalu susah untuk mendapatkan ikan, karena Agam juga sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Sumbar, sehingga mudah mendapatkan ikan dan ikan bisa digunakan berbagai hidangan. 

"Dengan dasar ini, tidak ada alasanya masyarakat sedikit memakan ikan. Kita juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat disetiap event acaramelalui Dinas Kelautan dan Perikanan dan Forikan," tegasnya.(mc agam/toeb)