Jalur KA Manado-Bitung Sepanjang 41.824 KM Rampung 2019

:


Oleh MC Kota Bitung, Rabu, 13 April 2016 | 14:36 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 963


Bitung, InfoPublik - Bertempat di Ruang WOC Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Walikota Bitung, Maxmilian J Lomban menghadiri Presentase Trase Jaringan Jalur Kereta Api Manado-Bitung, oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Selasa, (11/4).
 
Kegiatan dibuka oleh Asisten 2 Prov.Sulut Sanny Parengkuan dan Presentase disampaikan Ir.Titiek Masdini Agustriana,DEA selaku Kepala Subdirektorat Analisis dan Penanganan Kecelakaan, Direktorat Keselamatan Perkeretaapian bersama Tim Kementerian Dirjen Perkeretaapian.
 
Dalam kesempatan itu ,Lomban, mengatakan, Pemerintah Kota Bitung sangat mendukung pembangunan jalur KA Manado-Bitung dan berusaha semaksimal mungkin agar proyek tesebut segera direalisasikan.
 
“Saat ini yang kita butuhkan adalah informasi yang jelas, kapan ini akan berproses, bagaimana dan dokumen apa yang harus disiapkan Pemerintah kota Bitung maupun dua kabupaten/kota lainnya” ungkap Lomban sembari menjelaskan Pemko Bitung sudah mengakomodir Jalur Pembangunan Kereta Api dala Rencana Tata Ruang Wilayah namun masih belum disesuaikan dengan Trase dari Konsultan.
 
Lanjutnya, jika dari pihak konsultan sudah menyiapkan trase yang pasti untuk pembangunan jalur KA tersebut, nantinya akan dimasukan pada RTRW kota Bitung tahun depan. Adapun Pembangunan Jalur Kereta Api Manado Bitung sudah masuk dalam skala prioritas pemerintah pusat sesuai dengan Instruksi Pesiden RI Joko widodo, dengan perkiraan panjang 41.824 Km menghubungkan Kota Manado, Air Madidi, dan Kota Bitung yang harus rampung tahun 2019. (MC-Kota Bitung/Hrl/Eyv)