Karang Taruna Kecamatan Gayam Pamer Produk Usaha

:


Oleh MC Kabupaten Bojonegoro, Rabu, 13 April 2016 | 11:58 WIB - Redaktur: Tobari - 821


Bojonegoro, InfoPublik - Karang Taruna dari 12 desa di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, berkumpul memamerkan produk usahanya. Kegiatan ini sekaligus menutup program Taruna Bangga Usaha (Tangguh) yang diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Saya bangga melihat para pemuda di sini sudah mulai menunjukkan kemandiriannya secara ekonomi," ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bojonegoro Basuki, di Pendopo Kecamatan Gayam, Rabu (12/4).

Basuki memaparkan, sejauh ini pihaknya sudah melatih ribuan orang. Namun, dia mengaku, tidak semua orang bisa berhasil dan mandiri dalam membuka usaha. "Kisah program tangguh ini perlu menjadi motivasi buat yang lain," ujar dia.

Sebagai tindakan nyata, Disperindag akan membawa peserta yang berhasil untuk menjadi pembicara di beberapa pelatihan yang digelar pihaknya. "Besok kita bawa Ibu Yusahyun ke pelatihan di Desa Mayanggeneng Kalitidu," katanya.

Yusahyun merupakan peserta program Tangguh asal Desa Gayam yang sukses membuka usaha keripik olahan.

Perwakilan EMCL Beta Wicaksono mengatakan, acara ini merupakan kegiatan pemaparan program Tangguh yang dihadiri oleh 160 peserta. Program Tangguh, telah melayani pemuda Bojonegoro khususnya Kecamatan Gayam, agar produktif secara ekonomi dan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Serta membuka akses layanan pinjaman koperasi.

Beta memaparkan, perusahaannya telah memprakarsai program ini sejak tahun 2013 di enam desa yang berada di Kecamatan Gayam dan menjangkau 356 penerima manfaat. Kemudian, program dikembangkan menjadi 10 desa dari 12 desa di Kecamatan Gayam pada tahun 2014.

"Dan sekarang per April 2016 Program telah menjangkau dan memberi manfaat kepada 2.730 orang," ungkapnya. Dia mengaku, pencapaian Ini merupakan peningkatan 766% dalam jumlah penerima manfaat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakertransos), Kepala Dinas Kominfo, Camat Gayam, dan Kepala Desa setempat. Disamping itu, nampak beberapa pemuda yang memamerkan produk wirausahanya.(MC Bojonegoro/toeb)