Gubernur Kalsel Acung Jempol Untuk Tabalong

:


Oleh MC Kab.Tabalong, Selasa, 12 April 2016 | 11:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 390


Tabalong, InfoPublik - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengacungkan jempol dengan program keterpaduan dan sinkronisasi Gerbanong H Anang Syakhfiani, dan Wakil Bupati H Zony Alfianoor, untuk memacu percepatan pembangunag Emas (Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera) Bersinar satu desa Rp 1 miliar yang diusung Bupati Tabaln guna mewujudkan desa sejahtera dan mandiri.

“Program Gerbang Emas Bersinar yang dilaksanakan bupati sangat bagus untuk membangun desa. Saya minta kabupaten lainnya di Kalsel ini bisa mencontoh Tabalong dalam mensejahterakan masyarakatnya,” kata Gubernur, H.Sahbirin Noor saat kunjungannya ke Tabalong, sekaligus pencanangan Gerbang Emas Bersinar,"jelasnya.

Keterpaduan dan sinkronisasi program Ge rbang Emas Bersinar antara dana APBN, APBD Provinsi Kalsel, dan APBD Tabalong, dana desa dan CSR ini sudah memasuki tahun kedua. Sebanyak 121 desa di Tabalong sudah mendapatkan dana pembangunan rata-rata Rp 1,4 miliar. Paling tertinggi Rp 1,4 miliar dan paling rendah Rp 1,2 miliar.

Tak hanya itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani pun memastikan kini dana perimbangan untuk desa pada APBD Kabupaten Tabalong sudah dipenuhi 10 persen sesuai dengan undang-undang desa.“Insya Allah jika ditambah dana dari APBN, maka akan ada desa di daerah kita yang mendapatkan dana pembangunannya Rp 2,5 miliar lebih,” katanya.

Bupati Anang pun mempersilahkan program mulia bernama Gerbang Emas Bersinar yang dipersembahkannya untuk masyarakatnya tersebut dicontoh Kabupaten lainnya. “Mungkin sinkronisasi Gerbang Emas Bersinar ini satu-satunya di Indonesia. Namun, pastinya terkait Pemkab Tabalong mengangkat 121 tenaga pendamping desa, 12 pendamping Kecamatan dan 12 pendamping teknis adalah program satu-satunya di Indonesia,” jelasnya.“Silahkan Kabupaten kami Tabalong dijadikan percontohan di Kalimantan Selatan,” imbuhnya.

Menandai pencanangan Program Gerbang Emas Bersinar tahun kedua,  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dengan ikut menandainya dengan melakukan pembuatan badan jalan melalui program semenisasi jalan-jalan desa dan usaha tani di Kabupaten Tabalong. (MC Tabalong/Eyv)