Patrol, InfoPublikMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono menargetkan perbaikan jalan pantura Cikampek hingga Palimanan akan rampung Juni mendatang. Sejumlah titik di jalan nasional tersebut pun kini tengah diperbaiki.

“Saat arus mudik lebaran nanti diharapkan pengendara bisa merasakan kenyamanan melintas di Pantura ini. Sekarang sedang dikerjakan,” ujarnya saat melihat perbaikan jalan di Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Senin  (11 /4).

Basuki mengatakan, perbaikan jalan dilakukan sepanjang 300 km. Jalan-jalan yang rusak akan dihotmix. Untuk beberapa titik, Kementerian PUPR melakukan betonisasi. Kementerian PUPR pun mengalokasikan Rp249 miliar untuk perbaikan pantura.

“Setelah ada Cipali, sekarang trafik kendaraan berubah. Mobil kecil yang melewati Cipali sekitar 80 persen. Sementara truk baru 15 persen dan selebihnya masih lewat pantura,” ujarnya.

Sementara itu Kepala dinas Bina Marga IndramayuDrs.H.Omarsyah, MM mengatakan, perbaikan dilakukan tidak hanya untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Tetapi juga diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Pasalnya, selama ini jalan itu selalu menjadi kambing hitam atas kecelakaan yang terjadi. Padahal kecelakaan lalu lintas tidak selamanya disebabkan oleh faktor sarana dan prasarana jalan.

“Bisa jadi perilaku berkendaranya yang salah. Jadi kalau ada kecelakaan jangan cuma bilang sarana atau prasarananya yang rusak,” ujarnya saat mendapangi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono dalam kunjungan itu.

Perbaikan di Patrol sendiri sudah berjalan selama lima bulan. Ia pun berharap dalam waktu dekat ini, jalan mulus di Patrol sudah bisa dinikmati pengguna jalan.(Mc Kab. Indramayu/Kus)