Dinas PTP Promosikan Program Upsus Percepatan Swasembada Pangan

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Senin, 11 April 2016 | 12:34 WIB - Redaktur: Kusnadi - 264


Samarinda, InfoPublik – Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim kembali ambil bagian mempromosikan program pembangunan bidang pertanian pada ajang pameran pembangunan Kaltim Fair2016. Kali ini, Dinas PTP mempromosikan capaian pelaksanaan program upaya khusus (upsus) percepatan swasembada pangan di wilayah Kaltim.

“Kita menampilkan kegiatan yang dilakukan pada 2015 dan 2016 ini. Program utamanya mensukseskan upsus percepatan swasembada pangan di Kaltim, padi, jagung, kedelai, dan hortikultura yang ada,” sebut Kepala Dinas PTP Kaltim, Ibrahim ketika dikonfirmasi, Senin (11/4).

Program upsus dimamsud sengaja dipamerkan agar masyarakat mengetahui proses pemenuhan kebutuhan pangan Kaltim. Pelaksanaannya tidak mudah dan harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak lain.

Sebagai contoh kerjasama Dinas PTP dengan TNI dalam meningkatkan produksi beras, padi, jagung, dan kedelai di Kaltim. “Makanya kita sampaikan di stand pameran bagaimana upaya kegiatannya dan apa saja yang sudah dimiliki agar masyarakat tahu,” akunya.

Selain itu, Dinas PTP juga menyampaikan potensi pengembangan pertanian yang dimiliki kabupaten se Kaltim, diantaranya alat mesin pertanian seperti jumlah hand tracktor maupun alat panen per kabupaten.

Potensi alsintan perlu diinformasikan karena upsus swasembada pangan juga perlu ditunjang ketersediaan alsintan memadai sebagai pengganti berkurangnya jumlah petani setiap tahun.

“BPS menyebut jumlah petani setiap tahun berkurang, otomatis tenaga berkurang. Tenaga mengolah lahan pertanian diganti dengan mekanisasi. Makanya dikatakan Kaltim luas, tapi untuk mencapai produksi maksimal satu-satunya yang digunakan Kaltim menuju pertanian modern berbasis mekanisasi,” sebut mantan Pj Bupati Paser itu mengakhiri perbincangan.(diskominfo kaltim/arf/Kus)