Kekuatan Lanud Merauke Terus Dikembangkan Perkuat Perbatasan Udara NKRI

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Senin, 11 April 2016 | 09:04 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Merauke, InfoPublik Dalam rangka menjaga perbatasan  udara NKRI,  kekuatan Pangkalan TNI Udara (Lanud) Merauke terus dikembangkan.  Ini dimulai dari  peningkatan status Lanud Merauke dari tipe C ke tipe B, pembangunan Apron Lanud Merauke dan pembangunan Base Ops Lanud Merauke. 

‘’Semua yang dilakukan ini untuk mengembangkan Lanud Merauke dalam rangka menjaga perbatasan udara NKRI di ujung Timur Indonesia khususnya di Wilayah  Selatan Papua yang berbatasan langsung dengan PNG di darat dan Asutralia di Laut,’’ kata  Komandan Pangkalan TNI Udara (Danlanaud) Merauke Kolonel PNB Widiargo Ikoputra, kepada wartawam di sela–sela  peringatan HUT TNI AU ke-70, di Mako Lanud Merauke, Sabtu  (9/4). 

Dengan  berbagai pengembangan yang dilakukan ini,  Danlanud berharap tahun 2016 ini bisa menghadirkan sejumlah alutsista yang  belum pernah datang ke Merauke misalnya pesawat tempur.

‘’Doakan saja agar pengembangan lebih cepat sehingga pesawat-pesawat bisa hadir. Dengan begitu, tentunya akan menambah efek penangkal bagi   kita semua. Pastinya kedaulatan Negara di udara akan lebih terjaga dengan hadirnya pesawat-pesawat tempur,’’ harapnya.

Dengan  luas apron dan base ops yang telah dibangun saat ini, menurut  Danlanud,  akan mampu menampung 4 pesawat tempur untuk bisa dihadirkan di Merauke.  Dengan pola gelar alutsista tidak menetap.

Sebab,  Lanud Merauke merupakan Lanud operasi yang siap untuk menerima pesawat-pesawat tempur.  

‘’Jadi dia sistemnya nanti cukup datang ke sini lalu mengisi bahan bakar. Kemudian   melakukan patroli lalu kembali ke Jayapura atau Biak. Bahkan kembali ke  Ops AU di Makasar. Jadi nantinya kita di sini hanya menyiapkan dukungan operasinya. Jadi tidak menetap di Merauke,’’ terangnya.  

Selain itu, dalam memperkuat keberadaan  TNI AU di perbatasan Indonesia bagian Selatan,  Danlanud mengungkapkan, ke depan pihaknya akan membangun komunikasi dan koordinasi secara intensif dengan  Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati untuk bisa menyiapkan lahan untuk pengembangan Detaseman Angkatan Udara dalam hal ini Paskhas.  

‘’Karena keberadaan alutsista itu harus dipangari dengan pertahanan udara yakni Paskhas. Muda-mudahan dengan pengembangan  alutsista di TNI ANGkatan Udara, pengembangan detaseman angkatan udara dapat dihadirkan di Merauke,’’ tambahnya.  (02/mc/mrk/AHK/Kus)