Markas Batalyon Infantri 1 Marinir Diresmikan

:


Oleh Yudi Rahmat, Jumat, 8 April 2016 | 20:00 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


 

Jakarta, InfoPublik - Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir yang selama ini berada di Jalan Teluk Bayur No 62 Tanjung Perak, Surabaya secara resmi pindah ke Gedangan, Sidoarjo.

Gedung baru Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir yang berada di Kesatrian Marinir R. Suhadi Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo tersebut diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, Jumat (8/4).

Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas selesainya pembangunan gedung baru Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir yang berada di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Sebelumnya Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir berada di Jalan Teluk Bayur No 62 Tanjung Perak, Surabaya.

Batalyon Infanteri-1 Marinir, lanjutnya, merupakan cikal bakal Batalyon Korps Marinir yang sejak awal berdiri menempati lahan di tanahnya milik Pelindo III, kemudian karena perubahan penataan pelabuhan, dilaksanakan pembangunan Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir di Gedangan, Sidoarjo atas kompensasi Pelindo III.

“Lokasi bekas Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir di Jalan Teluk Bayur 62 akan menjadi pengembangan fasilitas backup area pelabuhan Tanjung Perak, semoga berguna bagi kepentingan ekonomi Jawa Timur dan Nasional,” katanya.

Kasal mengharapkan, dengan keberadaan Markas Komando Batalyon Infanteri-1 Marinir di Gedangan akan memberikan kesempatan dalam rangka pembinaan kekuatan Batalyon Infanteri-1 Marinir ke depan, dengan lokasi baru dan semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga outputnya dapat  meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir sebagai prajurit pendarat Amfibi TNI AL.