Bitung Siap Tuan Rumah PRB ASEAN

:


Oleh MC Kota Bitung, Jumat, 8 April 2016 | 14:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 516


Bitung, InfoPublik - Kota Bitung siap menjadi tuan rumah iven kegiatan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tingkat ASEAN yang rencananya akan digelar pada tanggal 9-16 Oktober 2016. 

Pernyataan itu disampaikan Walikota Bitung M.J Lomban, bersama Wakil Wali Kota Bitung, Ir Maurits Mantri, saat melakukan perbincangan guna pembahasan mengenai program kegiatan PRB bersama kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Wellem Rampangilei di Kantor Pusat Jakarta, Kamis, (7/4).

Lomban juga menyampaikan, pihaknya  berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat atas rencana penyelengaraan iven ini di Kota Bitung. Tentunya Pemerintah Kota Bitung segera menindaklanjuti atas arahan ini.Pastinya banyak hal yang akan dipersiapkan Pemko Bitung untuk menyangkut penyambutan penyelengaraan iven tingkat ASEAN ini di Kota Bitung.

“Tujuan program PRB ini mengacu terhadap mengurangi risiko kerugian yang terjadi akibat bencana, oleh karena itu, langkah-langkah PRB perlu diintegrasikan ke dalam pembangunan potensi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana pada suatu wilayah, sebagai upaya antisipatif untuk mengurangi atau meminimalkan dampak kerugian ekonomi akibat bencana di masa mendatang,” jelasnya.

Lewat program ini diharapkan  pemerintah daerah dan masyarakat dalam menghadapi bencana harus memiliki perwujudan yang mendasar dengan membangun kemitraan dan kerjasama oleh semua pihak untuk mewujudkan ketangguhan antisipasi bencana.

Turut mendampingi Wali Kota dan Wawali yakni Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban-Rawung serta Wakil Ketua TP-PKK Ny. Rita Mantiri-Tangkudung serta Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jefry Wowiling dan Kadis Pendidikan Ferdinand Tangkudung SIP MSI. (MC-Kota Bitung/Hrl/Eyv)