Cegah Korupsi, Bekali Karakter Anak Sejak Usia Dini

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Rabu, 6 April 2016 | 19:27 WIB - Redaktur: Tobari - 385


Sumenep, InfoPublik -  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan penting dalam mempersiapkan anak dengan karakter yang kuat, sehingga anak sejak usia dini sudah memiliki bekal kejujuran dan pemahaman tentang hak dan kewajiban anak, baik di lingkungan keluarga dan masyarakat. 

Hal tersebut ditegaskan Ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Sumenep Siti Nafisah. Ia mengakui pembentukan karakter anak bisa dilakukan sejak usia 0 hingga 5 tahun. 

“Bahkan, pembentukan karakter anak saat ini sudah bisa menjadi penggerak anti korupsi dalam upaya pencegahan korupsi,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (6/4). 

Diakui Siti Nafisah, jika penanaman nilai-nilai kejujuran sejak kecil memang harus dilakukan mulai dari PAUD. Karena, penentu keberhasilan dan kemajuan negara, tergantung pada perilaku anak sejak dini hingga dewasa. 

Bahkan, menurutnya, jika saat ini para guru PAUD juga dibekali pembelajaran pencegahan korupsi sejak dini melalui konsep kejujuran, serta pemahaman tentang hak dan kewajiban anak, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. 

Disamping itu juga perlu pendidikan akhlak dan tingkah laku yang baik bagi anak dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan penanaman nilai-nilai kejujuran sejak anak usia dini, tentunya akan turut menentukan perilaku anak dimasa mendatang,” tambahnya.  (Ren/Esha/Fer/toeb)