Petani Tambak Pangkep Jadi Percontohan Udang Vaname

:


Oleh MC Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Rabu, 6 April 2016 | 19:15 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Pangkep, InfoPublik - Kelompok Tani Sipadecengi, yang tergabung dalam kelompok petani tambak, mengaku senang tambaknya dijadikan tempat budidaya percontohan udang vaname. Produksi udang Vaname petambak di Desa Pitusunggu, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep itu mencapai 100 kilogram dalam sekali panen.

Abdullah sebagai pemilik tambak mengungkapkan sebelum tambaknya dijadikan percontohan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, ia hanya bisa menebar bibit sebanyak 5.000 ekor.

“Tapi sejak dibantu oleh Dinas Perikanan, satu kali tebar bisa mencapai 10.000 ekor bibit," kata Abdullah di sela panen udang vaname di tambaknya, Rabu (6/4).

Perawatan untuk jenis udang vaname sangat berbeda. Ia mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan bibit ini, karena dapat meningkatkan jumlah udang vaname, hasilnya kalau dipanen. “Untuk satu kali panen itu 100 kilogram, satu kilogram itu bisa  60 ekor," tutur Abdullah.

Abdullah juga mengaku tidak susah karena dalam tambaknya ini juga ada bibit ikan bolu (bandeng) nya ditebar 3.000 ekor bersama dengan udang vaname, jadi beriringan masa pertumbuhannya. Masa budidaya bibit vaname ini dua bulan.

Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Pangkep Sabrun menyaksikan panen perdana udang vaname di desa pitusunggu di Kecamatan Ma’rang. (h.idcham/aswar/toeb)