Kabupaten Subang Pecahkan Rekor MURI Kesenian Daerah

:


Oleh MC Kabupaten Subang, Rabu, 6 April 2016 | 17:37 WIB - Redaktur: Tobari - 712


Subang, InfoPublik - Kabupaten Subang kembali memecahkan rekor yang tercatat dalam Museum Rekor Iundonesia (MURI), yaitu menampilkan Tarian Rengkong dengan melibatkan penari sebanyak 680 orang sekaligus.

Rekor ini pecah dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-68 Kabupaten Subang yang berlangsung usai Acara Puncak Apel, di Alun-Alun Subang Kota, Selasa (5/4).

Bupati Subang Ojang Sohandi dalam sambutannya menyatakan bahwa ditampilkannya kesenian Rengkong, yang merupakan kesenian tradisional, nerupakan salah satu upaya melestarikan budaya dan seni tradisi di Kabupaten Subang.

"Jangan sampai hilang agar kita tidak keluar dari jati diri sebagai Urang Subang," ujar Ojang saat menjadi Inspektur Upacara Apel HUT ke 68 Kabupaten Subang, Selasa (5/4).

Kesenian ini juga, kata Ojang, sebagai upaya meyakinkan bahwa Subang sebagai daerah penghasil beras dan berperan sebagai bagian ketahanan pangan Nasional, karena selama beberapa tahun menjadi 3 besar penghasil beras. Ojang optimis tahun ini akan kembali melampaui target pemerintah.

Mengacu pada tema peringatan HUT tahun ini yaitu “Mieling Ka-68 Kabupaten Subang, Tatanen Pare Ngawujudkeun Masyarakat Encer Otak, Jembar Akhlak, Kuat Taktak jeung Lega Leutak".

Tema tersebut, menyadarkan rakyat Subang untuk lebih serius mengelola dan mengusahakan potensi pertanian yang dimiliki khususnya padi, agar dapat menjadi komoditi yang mendatangkan keuntungan besar bagi masyarakat Kabupaten Subang, sejalan dengan program Gapura Emas yakni ekonomi masyarakat yang antara lain bertujuan mewujudkan ekonomi mandiri berbasis ekonomi kerakyatan dan keunggulan daerah.

Menurut Senior Manager MURI Yusuf Ngadri, pemecahan rekor MURI kali ini menjadi catatan penting karena baru pertama kali seni budaya d   Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber infopublik.id