Sergai Terima Hibah 132.000 Buku Bacaan Berjenjang

:


Oleh dishubkominfo kab serdang badagai, Senin, 4 April 2016 | 14:06 WIB - Redaktur: Kusnadi - 418


Sei Rampah, InfoPublik Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) telah memecahkan Rekor MURI  Gerakan Budaya Membaca pada 28 Nopember 2015 yang lalu.

Dengan gerakan tersebut semua sekolah dan madrasah di Sergai telah menerapkan program membaca hening setiap hari dengan membaca buku selama lima belas menit sebelum dimulai jam pelajaran,” kata Bupati Sergai Ir. H. Soekirman usai menerima Hibah Buku Bacaan Berjenjang dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) di SD Negeri 0608043 Medan Barat, Rabu (30/3) pekan lalu.

Oleh karenanya Bupati Soekirman memberikan apresiasi yang tinggi  kepada USAID yang menghibahkan 1,1 juta buku bacaan berjenjang untuk Provinsi Sumatera Utara (Provsu), termasuk Kabupaten Sergai sebanyak 132.000 buku yang akan disebarkan di 220 sekolah.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati Soekirman bahwa buku bacaan berjenjang ini sangat mendukung GLS, karena dengan membaca buku berjenjang ini tidak hanya menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, tetapi juga untuk menumbuhkembangkan budi pekerti anak didik yang nantinya mampu menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Dan itu merupakan kunci keberhasilan pembangunan ekonomi negara.

Untuk itu sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat agar tujuan GLS ini dapat menyebar keseluruh sekolah di Indonesia, karena program USAID PRIORITAS secara tidak langsung telah mendukung implementasi pendidikan yang tertuang di dalam RPJMN dan Renstra Kemendikbud 2015-2019, ujar Bupati Sergai.

Sementara itu, Direktur Misi USAID Andrew Sisson mengatakan pihaknya melalui program USAID PRIORITAS sedang fokus mendukung peningkatan keterampilan membaca untuk siswa kelas awal (kelas 1-3 SD) yang diwujudkan melalui hibah 1,1 juta Buku Bacaan Berjenjang ini.

Buku ini akan didistribusikan ke lebih dari 1.800 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah untuk 15 kabupaten/kota se-Sumut dan dua Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN SU).

“Buku-buku ini akan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman bacaan. Semakin baik kemampuan membaca seorang siswa, semakin besar kemampuan belajar siswa tersebut, ujar Andrew Sisson.

Hadir dalam acara tersebut mewakili Plt. Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi MSi Kepala Bappeda Arsyad Lubis, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kemendikbud Drs. Wowon Wirdayat, M.Si, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Robert Y. Ewing,  Direktur Program USAID PRIORITAS Stuart Weston, Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Kepala Balitbang Provsu Ir. H.Alwin, M.Si, Kepala Bappeda Sergai Ir. H.M.Taufik Batubara, M.Si, Kadisdik Drs. Joni Walker Manik, MM, mewakili Walikota Medan dan Binjai, Kepala Dinas Pendidikan Provsu dan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah dan tenaga pendidik SD Negeri 0608043 Medan Barat serta undangan.(Mc Kab.Sergai/Kus)