26.816 Siswa SMA Di Garut Siap Ikuti UN

:


Oleh MC Kab Garut, Senin, 4 April 2016 | 12:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 676


Garut, InfoPublik - Sebanyak 26.816 siswa SMA/SMK di Kabupaten Garut siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dijadwalkan dilaksanakan mulai Senin, (4/4) nanti. Sebanyak 3.901 siswa di antaranya merupakan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut pun telah menyiapkan sembilan sekolah sebagai tempat penyelengaraan UNBK. Yakni di SMKN 1 Garut dengan jumlah siswa sebanyak 745 orang, SMKN 3 Garut (346 siswa), SMKN 4 Garut (444 siswa), SMKN 9 Garut (357 siswa), SMKN 10 Garut (255 siswa), SMK YPPT (533 siswa), SMAN 1 Garut (457 siswa), SMAN 11 Garut (452 siswa), dan MAN 1 Garut (312 siswa).

Menurut Kepala Disdik Kabupaten Garut, Mahmud, jumlah sekolah penyelenggara UNBK meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tiga sekolah. Namun begitu, tuturnya, sekolah menyelenggarakan UNBK tersebut masih terbatas di kawasan perkotaan karena terbentur sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Terutama menyangkut jaringan internet yang belum menjangkau kawasan pelosok.

“Kita berharap tahun mendatang semua sekolah di Garut bisa menyelenggarakan UNBK. Tapi itu pun bergantung kemampuan sekolahnya. Sebab bagaimanapun juga, pihak sekolah mesti menyiapkan sarana penunjangnya. Misalnya, ketersediaan komputer sebanyak sepertiga jumlah siswa, serta jaringan listrik dan internetnya,” ujar Mahmud, baru-baru ini.

Ia mengimbau sekolah dan para siswa untuk mengikuti UN dengan jujur dan fokus belajar. Sebab nilai UN itu akan berpengaruh terhadap jenjang studi lanjutan. Kendati hasil UN tak berpengaruh terhadap kelulusan siswa.Dirinya juga mengingatkan para siswa agar tidak memercayai orang yang menawarkan bocoran kunci soal jawaban UN.Khusus bagi pihak sekolah, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan listrik, diharapkan mereka mempersiapkan genset.

“Disdik sudah melayangkan surat ke PLN dan meminta selama UN berlangsung tidak ada pemadaman listrik. Khususnya di sekolah yang menyelenggarakan UNBK,” jelasnya. Selain itu, lanjutnya, Disdik juga mengimbau setiap sekolah mengirimkan surat ke provider guna mengantisipasi kemungkinan terjadi gangguan jaringan internet.

Begitu pula berkaitan pengamanan peralatan komputer, pihak Disdik bekerja sama dengan aparat kepolisian dan keamanan masing-masing sekolah. Sedangkan mengenai pendistribusian soal UN, Mahmud menegaskan akan disebarkan ke masing-masing sekolah pada Jumat sore ini begitu soal UN diterima di kantor Disdik Garut.

Pendistribusian soal itu, kata dia, akan mendapatkan pengawasan dan penjagaan ketat aparat kepolisian. Dengan catatan, untuk SMA, naskah soal dibongkar lebih dulu di SMAN 11 Garut, untuk SMK di SMKN 1, dan untuk MA di MAN 1 Garut.(MC.Kab.Garut/Eyv)