Menpora Ucapkan Selamat Arema Jadi Juara

:


Oleh Astra Desita, Senin, 4 April 2016 | 11:28 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 394


Jakarta, InfoPublik - Menpora Imam Nahrawi mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan final Torabika Bhayangkara Cup 2016 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (3/4) malam.

Tendangan Presiden Jokowi secara resmi membuka laga final antara Arema Malang vs Persib Bandung. Arema berhasil meraih juara Turnamen Torabika Bhayangkara Cup setelah mengalahkan Persib Bandung 2-0.

Dalam laga final yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Arema dan Persib sama-sama tampil terbuka dan menyerang. Tapi gol baru tercipta di menit ke-59. Adalah Raphael Maitimo yang membuka skor untuk Arema, dengan sepakan menggunakan tumit meneruskan umpan silang mendatar dari sisi kanan.

Pemain pengganti, Sunarto, lantas menggandakan keunggulan Arema di menit ke-84. Sundulannya memanfaatkan umpan lambung Cristian Gonzales tak mampu dijangkau I Made Wirawan.

Laga sendiri berjalan cukup panas, dengan beberapa kali wasit harus menghadapi protes pemain. Satu kartu merah juga harus keluar dari kantong sang pengadil untuk bek Persib, Rudolof Yanto Basna, di menit ke-71 setelah menerima dua kartu kuning.

Diusirnya Yanto Basna membuat Persib kesulitan dan peluang mereka jelas menipis. Sebab Maung Bandung dengan 10 pemain, masih harus mengejar ketertinggalan setelah kemasukan oleh Maitimo.

Sementara itu, di laga perebutan tempat ketiga yang berlangsung sore hari, Sriwijaya FC berhasil membungkam Bali United dengan skor serupa 2-0. Sriwijaya membuka keunggulan di menit ke-38 lewat sepakan Hilton Moreira.

Sebuah gol lain dari Alberto Goncalves di menit ke-73 kemudian menggandakan skor untuk Laskar Wong Kito. Gol tersebut sekaligus menjadi yang terakhir di laga ini dan memastikan Sriwijaya merebut tempat ketiga.

Pertunjukkan tak kala seru juga terlihat sebelum pertandingan di mulai. Sejumlah penyanyi dan grup band tampil menghibur turnamen gelaran institusi kepolisian ini. Selain itu, 600 polisi cilik menampilkan atraksi tarian ciamik, atraksi baris-berbaris, dan atraksi mengolah bola di tengah lapangan. Perpaduan warna-warni bola dan kostum anak-anak usia 8-14 tahun ini menggambarkan kekompakan dan kesatuan tim.

Gemuruh suporter dari kedua kesebelasan menggelorakan stadion yang dibangun di era Bung Karno ini. Sama-sama berkostum biru, GBK bak lautan biru pecinta bola yang haus sepakbola Indonesia. Menurut panitia, total penonton yang hadir adalah 86.200 orang.

"Sepakbola adalah hiburan masyarakat. Pemerintah akan bekerja keras menjadikan hiburan ini dikelola secara baik, transparan, profesional dan akuntabel agar semua pihak yang terlibat di dalamnya sama-sama enak. Terimakasih kepada Polri atas terselenggaranya Bhayangkara Cup ini. Saya ucapkan selamat kepada Arema yang berhasil menjadi juara," ujar Menpora.

Hadir inisiator turnamen yang juga Kapolri Badrodin Haiti, ketua MPR Zulkifli Hasan, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Jaksa Agung M Prasetyo, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan lainnya.