Plt Gubernur: Program Perbuatan Ekonomi Masyarakast Atasi Kemiskinan

:


Oleh Prov. Riau, Minggu, 3 April 2016 | 13:56 WIB - Redaktur: Kusnadi - 365


Pekanbaru, InfoPublikPelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman minta dukungan semua pihak terutama DPRD Riau dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

"Untuk saat ini jumlah penduduk miskin Riau meningkat dari 7,99 persen, jadi 8,82 persen dengan jumlah penduduk sekitar 6,3 juta jiwa di tahun 2015," kata Andi Rachman di Pekanbaru, Sabtu (2/4).

Ia katakan, dalam penanggulangan kemiskinan akan dikembangkan program perbuatan ekonomi masyarakat sehinga daya beli menjadi meningkat dan pola kehidupan masyarakat jadi meningkat pula.

"Lapangan pekerjaan harus dibuka lebar melalui pengembangan pariwisata, dana desa dan industri kecil," kata Andi Rachman di DPRD Rau di satu kegiatan.

Di samping itu, menurut Andi lagi, dalam pengentasan kemiskinan ini perlu juga dilakukan upaya peningkatan pendapatan para petani dengan melakukan upaya peningkatan kualitas hasil perkebunan baik kelapa sawit, kelapa dalam, karet, sagu dan lain sebagainya.

"Diharapkan dengan program yang diupayakan itu, dapat mengatasi masalah kemiskinan di Riau," katanya.

Arsyadjuliandi Rahman menjelaskan, tahun 2015 lalu pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dengan migas melambat dari tahun sebelumnya yaitu 0,22 persen dimana tahun 2014 sempat mencapai 2,62 persen. (MC Riau/ch/Kus)