Pembangunan Perbatasan Bukti Negara Hadir Melindungi Segenap Bangsa

:


Oleh Prov. Kalimantan Timur, Sabtu, 2 April 2016 | 11:40 WIB - Redaktur: Tobari - 622


Balikpapan, InfoPublik - Rapat Kooordinasi Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan, Pedalaman dan Daerah Tertinggal, yang diselenggarakan Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim, diharapkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat perbatasan yang bersifat dinamis dapat tercover secara maksimal.

Kepala BPPD Kaltim Ir. Frederik Bid, M. Si dalam Rakor yang berlangsung di Ballroom Hotel Hakaya Plaza, Kamis (31/3), mengatakan, wilayah perbatasan dan pulau kecil terluar di Kaltim memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar serta merupakan wilayah yang sangat srategis bagi pertahanan dan keamanan negara.

“Maka melalui Rakor ini, diharapkan kita semua dapat menyusun usulan melalui sinkronisasi dan koordinasi antar stakeholder agar dapar mengimplementasikan program pembangunan perbatasan. Juga sebagai bukti keseriusan pemerintah membangun beranda terdepan negara” ujarnya, usai membuka Rakor.

Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa rumusan strategis yang akan disampaikan pada Pemerintah Pusat, meliputi perencanaan pembangunan di perbatasan Provinsi Kalimantan Timur mengacu pada Lokpri yang telah di tentukan dan sinkronisasi program antara kementrian/lembaga dan antara SKPD.

Sesuai Visi Misi dan Program Strategis Presiden & Wakil Presiden RI yang termuat secara Khusus Nawa Cita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perlu adanya perbaikan regulasi terkait kewenangan & Pelaksanaan Program, kemudian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Perbatasan maka di butuhkan infrastruktur yang memadai, dan mengusulkan program dengan skala prioritas kegiatan .

Kemudian integrasi Program atau Data Kecamatan/Kabupaten/Provinsi/Nasional, meningkatkan produktivitas komoditas pelaku bidang ekonomi, sosial dan budaya masyarakat perbatasan, perlu ditetapkan Komoditas Unggulan menjadi potensi Sumberdaya Alam Kawasan Perbatasan Darat.

Akselerasi Pembangunan Kawasan Perbatasan di dukung oleh Masyarakat, Pemerintah, Pelaku Usaha, Perguruan Tinggi dan Lembaga Internasional. Tersusunnya Perda RUTR  tentang  Optimalisasi Pengelolaan dan Pendayagunaan Potensi Ekonomi Lokal Kawasan Perbatasan Darat.

Peningkatan Anggaran Program Khusus Pada Wilayah Perbatasan Negara. Perlu optimalisasi tugas dan fungsi Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim dalam melakukan monitoring dan pengawasan terhadap jalannya pembangunan perbatasan Kalimantan Timur .

Pentingnya keterpaduan program lintas Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam percepatan Pembangunan Perbatasan. Percepatan penyelesaian pembangunan jalan akses dan jalan pararel perbatasan. Pembangunan telekomunikasi di daerah blankspot perbatasan.

Pembangunan logistic point di wilayah Perbatasan untuk mengantisipasi kondisi darurat seperti kemarau panjang. Dukungan jumlah armada untuk kapal patroli sebagai salah satu penunjang pengawasan di Perbatasan Laut Negara Wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Dukungan Armada penangkapan Ikan bagi Nelayan di pulau kecil terluar. Dukungan percepatan persetujuan subtansi perubahan kawasan hutan dan revisi  RTRWP Kaltim 2011-2031. Perlu ada kebijakan pemerintah untuk membuka keterisolasian masyarakat perbatasan yang berada di Wilayah KBK.

Sert Pentingnya keterpaduan Program Lintas Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan perbatasan. (RDG/BPPDKaltim/toeb)