Mendikbud Ingatkan Jangan Takuti Siswa Tentang Ujian Nasional

:


Oleh Astra Desita, Sabtu, 2 April 2016 | 21:20 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 168


Jakarta, InfoPublik - Kekhawatiran dan kecemasan meliputi para siswa menjelang ujian nasional. Seperti sudah menjadi budaya, setiap tahun sekolah pun gencar menggelar berbagai kegiatan seperti berdoa bersama demi menenangkan para siswa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengingatkan, sekolah sebaiknya tidak menakuti-nakuti para siswa yang akan mengikuti ujian nasional 2016.

"Jangan takut-takuti anak yang akan melaksanakan UN. Jangan juga terpaku pada jawaban," ungkapnya di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/4).

Menjelang pelaksanaan UN 2016, sejumlah sekolah di berbagai daerah menggelar doa bersama. Tidak hanya berdoa, para siswa juga memohon maaf dan meminta doa restu dari para wali murid dan guru agar diberi kelancaran saat mengerjakan soal-soal ujian nasional 2016.

Di SMAN 18 Depok, kegiatan doa bersama tersebut diwarnai isak tangis haru para siswa.

Sementara itu, distribusi soal UN 2016 sudah mulai dilakukan dengan pengawalan ketat kepolisian. Berkas soal UN 2016 ini akan disimpan di tempat steril sebelum dapat diambil sekolah pagi hari di saat ujian nasional dimulai pada 4 April.