Harga BBM Subsidi Turun, Stok BBM Di Bekasi Aman

:


Oleh Eka Yonavilbia, Jumat, 1 April 2016 | 15:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 471


Bekasi, InfoPublik – Sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di daerah Bekasi, Jawa  Barat menjamin stok BBM aman seiringan pemerintah menurunkan harga  BBM Subsidi jenis Premium dan Solar 1 April 2016.

“Untuk stok, kita selalu mengantisipasi, agar tidak terjadi kelangkaan. Kami menjamin akan cukup di hari sebelum penurunan ataupun hari pertama harga baru diberlakukan,” kata Manager SPBU Pertamina  31.171.01, Paimin,  di Bekasi, (31/3).

Ia  menjelaskan, jauh hari, Pihak Pertamina telah memberikan imbauan kepada setiap SPBU untuk menjaga stok tetap di level aman. Untuk mengantisipasi kekhawatiran pengusaha SPBU akan  kerugian akibat penurunan harga, Pertamina telah menyipakan kompensasi berupa penambahan jumlah penyaluran bahan bakar, diambil dari selisih harga volume omzet rata-rata penjualan perhari.

“Biasanya, Pihak Pertamina telah menyiapkan kompensasi ganti rugi berupa penambahan jumlah BBM untuk SPBU,” jelasnya.Meski begitu, pihak Pertamina  juga mengantisipasi apabila ditemui pengusaha SPBU yang secara sengaja menipiskan stok BBM agar tidak mengalami kerugian sehingga dapat menyebabkan kelangkaan.

“Pertamina pun tegas apabila ada SPBU yang stoknya kosong saat penurunan harga, maka mereka akan diberi sanksi,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu Pengusaha SPBU Pertamina di Bekasi, Taid Suryadi, mengungkapkan, apabila stok hari ini tidak mencukupi untuk BBM subsidi yaitu Premium  dan Solar, maka pembelian masyarakat yang tinggi, pihaknya akan mengantisipasi dengan menghimbau masyarakat untuk membeli Bahan Bakar Khusus (BPK) seperti Petralite dan Pertamax sebagai alternatif.

"Namun, kalau BBM subsidi gak cukup, kita alihkan konsumen untuk membeli Petralite atau Pertamax, maklum, kita juga mengantisipasi kerugian,” ujarnya.Turunnya harga BBM mulai 1 April 2016 ini, diharapkan masyarakat juga berpengaruh terhadap harga kebutuhan lainnya, seperti harga kebutuhan pokok dan tarif angkutan umum. (Mahasiswa Magang/Berliyan Ramadhaniyanto/eyv)