Bengkulu, InfoPublik - Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak para wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Provinsi Bengkulu bersama pemerintah untuk membangun Bengkulu menjadi daerah yang lebih maju dan bebas dari korupsi.

“Mari kita bersama-sama mengawasi dan melaporkan jika ditemukan tindak pidana korupsi,” kata Wagub Rohidin kepada PWI dan seluruh awak media pada acara Konfrensi Kerja PWI Provinsi Bengkulu dan Dialog Publik, di Gedung Bappeda Provinsi Bengkulu, Kamis (31/3).

Rohidin menambahkan, penyebab terjadinya korupsi pada umumnya seperti kelalaian administrasi, penyalagunaan kekuasaan, kesengajaan dan kebiasaan untuk memyimpang, politik anggaran tidak sehat, mendapatkan jabatan dengan modal uang banyak.

Upaya pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan korupsi dalam sistem birokrasi di Provinsi Bengkulu di antaranya seperti memberikan keteladanan, melakukan Pakta Integritas, pelaporan terhadap harta kekayaan, serta kegiatan keagamaan.

Rohidin menegaskan, pakta integritas yang telah ditandatangani harus dipatatuhi, jika ada eselon yang melanggar maka akan langsung dinon jobkan. (mc.provbkl/dod&rek/Baher/toeb)