KSAL Tinjau Lokasi Multilateral Naval Exercise Komodo 2016

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 31 Maret 2016 | 10:51 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 664


Jakarta, InfoPublik - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi meninjau kesiapan penyelenggaraan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016. Salah satu lokasi yang ditinjau adalah  kesiapan  Monumen Perdamaian yang terletak di Pantai Purus, Padang, Sumatera Barat.

Menurut Dansatgas Komodo 2016 Laksma TNI TSNB Hutabarat,  melalui keterangan tertulis, Kamis (31/3), menjelaskan dalam peninjauan tersebut. Kasal memberikan beberapa arahan berkaitan dengan peaksanaan Signing Peace Dove yang akan dilaksanakan oleh Presiden  Joko Widodo di Monumen Perdamaian tersebut pada 12 April 2016.

Hadir mendampingi KSAL dalam peninjauan tersebut, antara lain,  Aspam KSAL Laksda TNI Agus Heryana, Aspers KSAL Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Pangarmabar Laksda TNI A Taufiq R Danlamal IV Tanjungpinang Laksma TNI S.Irawan, Danlantamal II Padang Kolonel Laut (P) Ahmad Rivai, serta Danlantamal I Belawan Kolonel Marinir Widodo Dwi Purwanto.

Latihan Komodo merupakan even dua tahunan. Peserta pada penyelenggaraan  kedua yang  berlangsung  12-16 April  2016 mendatang berjumlah 35 negara. Para peserta akan bahu membahu bekerja sama menjalankan skenario latihan misi kemanusiaan seperti Medical Civic Action Priject  (MEDCAP) dan Engineering Civic ActionProject  (ENCAP), serta latihan dalam Maritime Peace Keeping Operation (MPKO).

Di samping kegiatan tersebut di atas, dalam latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 akan pula diselenggarakan International Fleet Review (IFR).  Puluhan kapal perang akan melaksanakan lego jangkar di perairan Telukbayur.  Presiden  Joko Widodo direncanakan akan melaksanakan inspeksi (fleet inspection) pada seluruh kapal perang peserta IFR Komodo 2016.