Kebut Pembangunan SUTT, Sekda Muba Ajak Tingkatkan Koordinasi

:


Oleh MC Kab Musi Banyuasin, Rabu, 30 Maret 2016 | 19:13 WIB - Redaktur: Tobari - 218


Lais, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muba dan PLN Area Palembang kembali melaksanakan rapat.

Rapat yang dilaksanakan di ruang Rapat Camat Lais, Selasa (29/3) tersebut, terkait dengan penyelesaian permasalahan dalam pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) pembangkit listrik dari gardu Betung ke Sekayu.

Sekretaris Daerah Drs H Sohan Majid MM mengaku, ibarat bola salju yang makin hari makin membesar dan rumit, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya koordinasi baik dari PLN dan tim pelaksana di lapangan (kontraktor) dengan pemerintah setempat dan masyarakat.

“Koordinasi yang baik antar instansi terkait sangat diperlukan. Itulah kunci penyelesaian masalah ini. Keterlibatan masyarakat sekitar juga harus kita perhatikan, oleh karena itu saya mengajak mulai sekarang mari kita sama-sama dukung pembangunan ini agar tercapai Muba yang terang benderang,” kata Sohan di depan puluhan peserta rapat tersebut.

Camat Lais H Irwan Sazili SSos MSi dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan SUTT pembangkit listrik dari gardu Betung ke Sekayu sempat beberapa kali terhambat, akibat terjadinya kesalahan ganti rugi oleh PLN pada tower pada titik 60, dan sengketa lokasi antar warga yang saling klaim pada tower SUTT titik 58 sehingga ganti rugi tertunda.

Selain itu dari salah satu yang telah dibangun yaitu tower SUTT titik 46 roboh dan menimpa pohon karet warga, dan besi dari tower tersebut hilang. Pembangunan juga terhambat dikarenakan banjir, kata Irwan.

Sementara itu perwakilan PLN Area Palembang Roharti Tarigan dalam pertemuan tersebut kembali menegaskan komitmen PLN bahwa, jika pembangunan jalur SUTT ini berlangsung lancer, maka permasalahan listrik yang selama ini terjadi akan terselesaikan paling lambat akhir tahun ini.

“Desember ini kita targetkan tidak ada lagi masalah listrik di Muba. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari kita semua sehingga pembangunan tower SUTT dapat diselsaikan tepat waktu,” tegas Roharti.

Turut hadir dalam rapat tersebut Asisten II (Bidang Perekonomian dan Pembangunan) Ir Sulaiman Zakaria MT, Sekretaris Komisi III DPRD Muba Widarwono, Kepala Distamben Muba Ir H Hendriadi, Danramil Lais, Kapolsek Lais, Kades dan puluhan warga Desa Lais. (MC Kabupaten Musi Banyuasin/Angga/Az/toeb).