Bulungan, InfoPublik - Keberadaan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bulungan hendaknya menjadi sumber harapan dan aspirasi masyarakat khususnya kaum wanita. Bupati Bulungan, H Sudjati menyampaikan hal itu saat membuka musyawarah daerah (Musda, Red) GOW Bulungan di Gedung Wanita, Tanjung Selor, Rabu, (30/03).

Musda ini merupakan momentum untuk membangun pondasi khususnya memilih pengurus selama lima tahun ke depan,” ucap Bupati. Dilanjutkan, kegiatan yang dilaksanakan GOW Bulungan saat ini sudah mengharumkan nama kabupaten di tingkat provinsi hingga nasional melalui berbagai kegiatan pemberdayaan kaum wanita,"jelasnya.

Pengurus yang baru terpilih nantinya diharapkan dapat melakukan evaluasi kegiatan-kegiatan yang lalu dan mengantisipasi kegiatan yang akan datang. Hal ini selaras tema Musda ke V GOW di tahun 2016 yaitu Dengan Semangat Persatuan dan Semangat Kebersamaan Kita Kembangkan Organisasi Perempuan yang Maju dan Berkualitas.

“Pemkab berharap GOW Bulungan dapat tetap eksis dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” tandasnya. Ketua Umum GOW Bulungan, Hj Rukiyah, SE memaparkan, musda merupakan kekuasaan tertinggi yang diamanatkan AD/ART untuk memilih pengurus baru periode 2016 – 2020 juga menyusun program kerja serta evaluasi pertanggungjawaban program kerja 2010 – 2015,"ujarnya.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan GOW Bulungan saat ini juga dinilai sudah berjalan dengan baik. Antara lain berupa sosialisasi UU Ketenagakerjaan kepada perusahaan-perusahaan di Bulungan yang memiliki tenaga kerja wanita hingga sosialisasi di sekolah-sekolah tentang bahaya narkoba serta perlindungan anak dari kekerasan seksual.

“Kita berterima kasih kepada semua pihak baik pemerintah maupun swasta yang telah bermitra dengan GOW Bulungan dalam meningkatkan seluruh potensi wanita dalam pembangunan,” katanya. GOW Bulungan diketahui menaungi sekitar 24 organisasi wanita namun hingga kini belum memiliki bangunan sekretariat yang representatif. “Harapan kita ke depan Pemkab bisa membangun kantor sekretariat GOW Bulungan,” tuturnya. (MC.Kab.Bulungan/Eyv)