SMKN 57 Jakarta Jadi Pilot Project Jurusan Sinematografi

:


Oleh Astra Desita, Selasa, 29 Maret 2016 | 13:55 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 753


Jakarta, InfoPublik - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 57 Jakarta menjadi pilot project pembukaan jurusan sinematografi tingkat sekolah menengah.

Jika peminat sinema cukup banyak, jurusan ini akan dikembangkan ke sekolah lain di wilayah Indonesia. “Kita lihat apakah minat siswa besar. Jika berhasil, kita akan tularkan ke sekolah-sekolah lain,” jelas Mendikbud Anies Baswedan saat membuka kelas inspirasi sinema di SMK N 57 Jakarta Selatan, Selasa (29/3).

Menurut Anies, dunia sinema Indonesia saat ini berkembang pesat. Dibutuhkan sinieas-sineas baru yang mampu menangkap peluang industri sinema Indonesia.

Karena itu, kata Anies, anak-anak perlu dikenalkan dunia sinema sejak awal. Harapannya dengan mengetahui apa saja yang menjadi kunci sukses dunia sinematografi maka anak kelak bisa menjadi sineas andal.

Kelas inspirasi sinema menjadi ajang bagi para sineas berbagi pengalaman. Mulai dari perencanaan hingga proses pembuatan film. “Kalau para sineas mau berbagi cerita maka ini menjadi pelajaran berharga untuk anak-anak kita,” lanjut Anies.

Bagi Anies, sinema adalah salah satu profesi yang bisa menjadi pilihan dimasa depan.