Gerakan Pramuka Sangat Dibutuhkan di Era MEA

:


Oleh MC Kota Malang, Selasa, 29 Maret 2016 | 12:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 378


Malang, InfoPublik - Untuk meningkatkan fungsi dan memantapkan eksistensi gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka Kota Malang menggelar Rapat Kerja Kwartir Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kota Malang 2016, Senin (28/3).

Kegiatan yang diadakan di Ruang Sidang Balai Kota Malang ini dihadiri oleh 155 peserta dari jajaran majelis pembimbing dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton dalam sambutannya menyampaikan, untuk mencapai visi dan misi Gerakan Pramuka yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia, maka Pramuka harus memiliki peran dan kinerja yang lebih baik lagi.

Wali Kota Malang yang akrab disapa Abah Anton oleh warganya itu juga berharap agar para peserta Rakercab memberikan dukungan positif atas kegiatan kepramukaan yang berlangsung untuk lebih membina generasi muda dalam memproteksi diri.

"Terlebih lagi saat ini peran generasi muda sangat dibutuhkan dalam menghadapi pasar global MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN_red)," jelasnya, Senin (28/3).

"Anggota Gerakan Pramuka harus terus maju dan berinovasi dalam berbagai aspek sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pemerintah, khususnya Pemkot Malang. Peran generasi muda saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang," imbuh Abah Anton.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakwarcab Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani yang mengatakan bahwa anggota Pramuka harus terus berbenah menuju ke arah yang lebih baik.

 "Pramuka adalah salah satu organisasi pemuda yang selalu siap dalam keadaan apapun untuk mendukung program pembangunan pemerintah," terangnya.

Setelah pelantikan dewan kehormatan, pengurus pudik, dan dewan kerja cabang (DKC) dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis sarana dan prasarana kepada Kwartir Ranting dan Pusdiklatcab. Rapat pleno Rakercab Gerakan Pramuka Kota Malang 2016 diisi dengan pemaparan, diskusi dan sesi tanya jawab.

Pemaparan hasil Sidparcab (Sidang Paripurna Cabang_red) 2016 disampaikan oleh Souma Wiryo selaku Ketua DKC, pemaparan hasil Musda (Musyawarah Daerah_red) 2016 oleh Teguh Santoso, SE, serta pemaparan pelaksanaan program kerja 2015 dan program kerja Gerakan Pramuka Kota Malang 2016 oleh Agus Sulistina, SE. (say/yon/Kus)