Panen Padi Bupati-Wabup Bulungan Bersama Warga SP1 Tanjung Buka

:


Oleh MC Kabupaten Bulungan, Senin, 28 Maret 2016 | 12:25 WIB - Redaktur: Kusnadi - 675


Bulungan, InfoPublik – Bupati dan Wakil Bupati Bulungan, H Sudjati – Ingkong Ala mengikuti panen padi bersama masyarakat di wilayah Satuan Pemukiman (SP) 1 Tanjung Buka, Senin (28/03). Bupati juga mencoba langsung alat pemotong padi bersama warga.

Panen berlangsung di wilayah pertanian dengan luas tanam sekitar 270 hektare dengan kapasitas produksi mencapai 5,6 ton per hektare dan kualitas padi Ciliwung. Wilayah SP 1 Tanjung Buka yang masuk wilayah Kecamatan Tanjung Selor memiliki 865 warga yang diawali warga transmigrasi sejak 14 tahun lalu.

“Kami dari Pemkab berterimakasih atas semangat warga yang masih eksis menanam padi, palawija dan sebagainya demi mewujudkan Bulungan sebagai pusat pangan baik bagi kabupaten, provinsi maupun nasional,” ucap Bupati Bulungan, H Sudjati usai panen padi.

Kegiatan merupakan bagian dari Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) dari Kementerian Pertanian. Terdapat 13 kelompok tani di wilayah SP1 Tanjung Buka yang mengikuti program GP-PTT didampingi Dinas Pertanian Bulungan pada musim tanam tahun 2015 dan panen pada bulan Maret 2016.

“Wilayah SP 1 Tanjung Buka ini ke depan juga akan kita bangun karena masih masuk wilayah Kecamatan Tanjung Selor yang merupakan ibukota kabupaten,” tegasnya.

Bupati yang baru dilantik bersama Wakil Bupati pada 17 Februari lalu itu mengungkapkan, visi dan misi utama yaitu membangun kebutuhan dasar bagi masyarakat mulai dari jalan, jembatan, air bersih dan listrik. Termasuk di dalamnya menyambungkan daerah-daerah satuan pemukiman masyarakat di Bulungan.

“Maka itu ke depan wilayah SP 1 Tanjung Buka juga akan ditingkatkan statusnya menjadi desa,” katanya.

Daerah SP 1 Tanjung Buka saat ini masih membutuhkan pembangunan berbagai sarana prasarana. Mulai dari air bersih, listrik hingga jalan dan jembatan.

Meski sudah memiliki fasilitas kesehatan serta pendidikan mulai dari TK, SD dan SMP, dan sudah cukup banyak warga memiliki sepeda motor, namun akses menuju SP 1 Tanjung Buka saat ini juga masih memakai perahu tambangan.

“Saya bersama Pak Ingkong Ala (Wabup, Red) sekali lagi berterima kasih atas semangat warga, ke depan sesuai janji kami akan kita bangun daerah-daerah pelosok,” pungkasnya.(Mc Kab. Bulungan/Kus)