Gubernur Sumbar Resmikan Pengoperasionalan Pabrik Pupuk di Pariaman

:


Oleh MC Kota Pariaman, Minggu, 27 Maret 2016 | 09:36 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Pariaman, InfoPublik – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan pabrik pupuk berkapasitas produksi 10.000 MT (metrik ton)/tahun dikelola oleh PT. Suwarni Agro Mandiri, yang berdiri diatas lahan seluas 3.000meter persegi, di Desa Padang Cakur, Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Kamis (24/3).

Peresmian ini disaksikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Pariaman, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Kapolres Pariaman AKBP Riko Julnady, Kasdim 0308 Pariaman P. Simbolon, serta Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

PT. Suwarni Agro Mandiri ini juga merupakan sebuah perusahaan yang bermitra dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), hal ini dibuktikan dengan hadirnya Pimpinan BRI Wilayah Sumbar Fidri Arnaldy bersama jajaran.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik beroperasionalnya pabrik pupuk ini, karena hal ini merupakan wujud visi kota perdagangan dan jasa di Kota Pariaman dan Sumatera Barat, dan terbuka kepada investor untuk masuk dan membangun daerah Kota Pariaman, semua perizinan akan dipermudah oleh Pemkot Pariaman.

Ia juga menerangkan dengan berdirinya pabrik yang mampu menyerap tenaga kerja warga lokal Pariaman, akan menciptakan lapangan kerja dan usaha dalam peningkatan nilai ekonomi suatu daerah, serta mampu menambah PAD daerah, sehingga tidak ada lagi warga Pariaman yang menganggur.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengungkapkan pembangunan pabrik pupuk ini diharapkan mempunyai peran penting dalam pencapaian swasembada dan kemandirian pangan.

Karena suksesnya pengembangan sejumlah industri di Kota Pariaman maupun di daerah lain di Sumatera Barat, merupakan hasil kerjasama dan tanggungjawab semua pihak.

“Bagi daerah, ini satu hal yang sangat membahagiakan, karena ribuan tenaga kerja akan diserap dan petani kita juga akan lebih tenang, karena ketersediaan pupuk di daerah ini, “ tambah Gubernur Irwan.

Sementara itu, direktur utama PT Suwarni Agro Mandiri Ir. Hazmin Maksum, MT, nama perusahaan produksi pupuk ini diambil dari nama ibunya Suwarni yang merupakan putri almarhum Sidi Muhammad Ilyas, ulama dan tokoh Muhammadiyah Pariaman, asli Kuraitaji.

“Komisaris perusahaan Trimurti Ilyas yang merupakan saudara kandung ibunya, bertekad menjadikan PT Suwarni Agro Mandiri sebagai pemimpin pasar di antara produsen pupuk swasta di Indonesia,” kata Hazmin.

Kata dia, pembangunan pabrik pupuk PT Suwarni Agro Mandiri di Pariaman tidak terlepas dari peran Trimurti Ilyas yang ingin menjadikan kampung halaman sebagai basis perusahaan yang terintegrasi dengan pabrik utama PT Suwarni Agro Mandiri di Mojokerto Jawa Tengah.

Gubernur, Walikota Pariaman, dan Hj. Djoesma Ilyas Tarmizi yang merupakan istri dari Almarhum Tarmizi Taher (mantan Menteri Agama) juga menandatangani prasasti pembangunan Mushalla At-Tarmizi Taher di Desa Padang Cakua tersebut.(b9.phaik/toeb)