Peringatan Hari Jadi Kota Kapuas dan Kabupaten Kapuas

:


Oleh MC Kabupaten Kapuas, Selasa, 22 Maret 2016 | 13:38 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Kuala Kapuas, InfoPublik - Puncak peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-210 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-65 dilaksanakan dengan menggelar upacara bersama di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas,  Senin (21/3) pagi, bertindak sebagai inspektur upacara Pj.Gubernur Kalteng Drs.H.Hadi Prabowo,MM.

Upacara dihadiri Bupati Kapuas Ir.Ben Brahim S Bahat, MM.MT dan wakil Bupati Ir. H. Muhajirin, Mp, mantan Bupati Kapuas Ir.M.Mawardi,MM, Bupati Kabupaten Pulang Pisau Edy Pratowo,S.Sos, unsur Forkominda, Ketua DPRD dan anggota dewan DPRD Kabupaten Kapuas. Hadir pula para tokoh masyarakat, TNI, Polri, ASN serta para pelajar yang berada di Kuala Kapuas.

Upacara tersebut ditutup dengan tari massal 600 anak – anak Pramuka dari Kabupaten Kapuas dan dilanjutkan dengan acara peresmian Pameran Photo yang digelar di Gedung Panunjung Tarung.

Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas diisi pula dengan acara Laluhan (Bahasa Dayak) atau perang, perang-perangan dengan memakai kayu suli. 

Dalam sejarah Kapuas, Laluhan adalah peristiwa perang perebutan Kota Kapuas, yang  zaman dahulu kejadiannya di Sungai Kapuas.  

Sebelumnya,  Minggu (20/3) pagi digelar Tari Manasai dan Tari Nusantara untuk memecahkan Rekor MURI di Stadion Panunjung Tarung, Kabupaten Kapuas. Tari tersebut diikuti oleh 5.880 orang anggota Pramuka dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Kapuas serta masyarakat Kuala Kapuas.

Selain itu, juga diadakan kegiatan lomba memasak, pameran photo, dan lomba tari manasai dan tari Nusantara yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. (H.Sahlan_KominfoKualaKapuas/Kus)