Harga Cabe dan Bawang Merah di Banjarbaru Naik

:


Oleh MC Kalsel, Selasa, 22 Maret 2016 | 09:41 WIB - Redaktur: Tobari - 433


Banjarmasin, InfoPublik - Fluktuasi harga komoditas cabai merah dan bawang merah yang sering terjadi membuat pedagang dan pembeli merasa resah. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini dimana harga dari kedua komoditas tersebut mengalami kenaikan.

Kenaikan harga dialami oleh penjual cabe di Pasar Bauntung Banjarbaru, Dariman. Ia mengaku hari ini menjual cabe merah dengan harga Rp50.000 per Kg dan cabe rawit dengan harga Rp48.000 per Kg.

Padahal satu hari sebelumnya, ia dapat menjual seharga Rp32.000 per Kg. “Semua tergantung harga di kebun, karena setiap hari harga pasti berubah,” tegasnya, Senin (21/3).

Lain halnya dengan Milah, yang sudah lebih dari 10 tahun berjualan cabe dan bawang merah. Ia mengatakan jika barang yang didapatkan dari Pasar Lima Banjarmasin ini,  kenaikan harga memang terjadi tiba-tiba dan sangat sering.

“Dua hari yang lalu harga cabe merah masih Rp45.000 per Kg, dan mulai hari ini sudah menjadi Rp50.000 per Kg,” katanya sambil melayani pembeli.

Milah juga mengatakan jika harga bawang merah yang ia jual sekarang mengalami kenaikan menjadi Rp45.000 per Kg dimana awalnya dijual dengan harga Rp40.000 per Kg. “Kami para pedagang cuma bisa mengikuti harga dari pemasok. Jika harga naik mau tidak mau, kami juga harus menaikkan harga,” katanya.

Berbeda dengan Milah, penjual bawang merah yang lain juga mengikuti kenaikan yang sudah mencapai Rp40.000 per Kg dari harga Rp25.000 per Kg. “Pasokan bawang merah semakin kurang,  hal tersebut yang membuat harga jadi melonjak,” ujar penjual bawang merah yang mengambil stok dari Pasar Sudimampir. (Tim Uniska Komunikasi/toeb)