Pemuda Harus Dilibatkan Memberantas Korupsi

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 22 Maret 2016 | 09:58 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 252


Jakarta, InfoPublik - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengajak kaum muda di seluruh negara, untuk berpartisipasi secara aktif dalam memberantas tindak korupsi yang terjadi.

Menurut dia, Populasi kelompok muda yang berusia 10-24 tahun secara global saat ini mencapai 1,8 milyar jiwa. Angka ini semakin bertambah jika kita masukan populasi dalam kelompok usia 25-30 tahun.  "Angka tersebut menunjukkan besarnya potensi kelompok muda saat ini,” kata Fadli Zon di sidang umum Inter Parliamentary Union (IPU) ke 134, Lusaka, Zambia, Senin (21/3).

Banyaknya jumlah generasi muda, sebaiknya dapat dimanfaatkan kedepannya untuk melawan tindak korupsi yang diduga semakin meningkat. Dengan dibekali pengetahuan serta pendidikan tentang bahayanya tindak pidana korupsi.  

"Tapi sayangnya saat ini masih banyak dari kelompok muda yang tidak terberdayakan. Mereka masih terikat dengan kemiskinan, sulitnya akses pendidikan, dan bahkan masih berada dalam situasi konflik yang menyulitkan mereka untuk berkembang," tutur fadli.

Ia menyarankan, demi memaksimalkan pemberantasan korupsi seluruh anggota parlemen dunia, terutama anggota parlemen yang tergabung dalam GOPAC untuk membuat kebijakan yang kondusif bagi pemuda. Agar mereka mampu berkembang dengan baik dari berbagai aspek seperti kesehatan, keamanan, pendidikan, dan juga kepada akses pekerjaan.

"Pelibatan yang lebih inklusif terhadap pemuda, dapat mempercepat pemberantasan korupsi secara global," pungkasnya.