Ambon, InfoPublik - Media merupakan alat kontrol pemerintah, dalam menyampaikan informasi yang akurat dan aktual kepada masyarakat, peranan media sangat penting karena merupakan kekuatan sosial yang kuat dalam menyampaikan informasi, serta menjaga keseimbangan antara pemerintah dan masyarakat.

Demikian dikatakan Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH, ketika melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan sejumlah media cetak dan elektronik  yang ada di Kota Ambon, di Ruang Kerja Walikota, Senin (21/3).

Dijelaskan,  kerjasama ini merupakan komitmen dalam mewujudkan pemerintahan yang terbuka (Open Goverment) di kota Ambon, di era keterbukaan terjadi perubahan paradigma di pemerintah pusat maupun daerah, yakni menyiapkan diri membentuk karakteristik pemerintahan yang terbuka.

"Era Open goverment membuat Pemkot Ambon membuka diri dengan melakukan kerjasama dengan kurang lebih 10 media cetak dan elektronik, agar seluruh kebijakan yang positif maupun negatif disampaikan," katanya.

Ditambahkan, kelanjutan kerja sama bukan berarti media menutup hal-hal yang buruk, tetapi jika ada kebijakan yang keluar jalur dapat disampaikan untuk menjadi bahan pembaharuan, dan sepanjang pemberitaan tersebut objektif kita akan menerima.

"Jika tidak ada kritikan dapat menghilangkan fungsi kontrol media, karena tidak baik jika di atasnya baik tetapi di bawah keropos, kerjasama tersebut dilakukan secara jujur, objektif dan menonjolkan sisi nurani agar dapat dikonsumsi masyarakat dengan baik, yang terpenting dalam kerjasama ini adalah memperkuat komunikasi sosial dengan masyarakat," katanya.

Diharapkan, kepada  seluruh  media agar dalam pemberitaan dapat memberikan nilai tambah, terutama menjelang pelaksanaan even nasional. Selain itu kerja sama yang dilakukan dengan tujuh media cetak dan tiga media elektronik mendorong media lainnya untuk pacu diri membuka peluang kerja sama," katanya.

Kerjasama itu antara lain, Harian Ambon Ekspress, Harian Kabar Timur, Harian Siwalima, Harian Rakyat Maluku, Harian Suara Maluku, Harian  Spektrum dan Harian Mimbar Rakyat, dan tiga media elektronik yakni Perum LKBN Antara Biro Maluku, RRI Ambon, dan Radio DMS Ambon. (DL,WP/toeb)