Bupati Bangun Masjid Bukan Korupsi Bantuan Masjid

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Senin, 21 Maret 2016 | 19:54 WIB - Redaktur: Tobari - 355


Bone Bolango, InfoPublik – Tuduhan korupsi bantuan masjid lewat anggaran hibah yang dialamatkan kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou, ditentangnya habis-habisan. Bupati Hamim Pou mengatakan, untuk apa korupsi bantuan masjid, sementara lewat kocek sendiri ia membangun masjid yang tersebar di Kabupaten Bone Bolango. 

Hal ini diungkapkan Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada apel kerja awal pekan bertempat di lapangan futsall kompleks kantor Bupati, Senin (21/3) kemarin. 

Bupati Hamim Pou mengatakan, ia perlu menceritakan sedikit terkait tuduhan-tuduhan tersebut. Katanya ada korupsi dana bantuan masjid?. “Untuk apa mencuri bantuan masjid, sedangkan saya pribadi membangun masjid setiap tahun pakai uang pribadi, dari berbagai honor dan dari berbagai pendapatan yang saya terima. Saya mau beramal untuk akhirat,” tegas Bupati Hamim Pou.

Bupati Hamim Pou berkeyakinan bahwa tidak ada ujian yang berat yang tak bisa terlewati. ”Allah tidak akan memberi beban melewati yang mampu dipikul oleh hamba-Nya,” katanya dan menguraikan soal tunduhan korupsi bantuan masjid. Sebenarnya, ada takmirul masjid bermohon dalam proposal Rp3 juta, tapi kemudian Bupati menyetujui Rp5 juta. 

Nah, terkait dengan permohonan bantuan masjid ini, ada petunjuk pelaksanaannya dan ada petunjuk Bupati, dimana dijelaskan bahwa Bupati bisa menambah, bisa mengurangi, bisa menyetujui, bahkan bisa menolak pemberian bantuan sosial tersebut.

Namun ini dipersoalkan karena melanggar Pagu dan melanggar batasan. Padahal itu batasan yang diatur oleh Keputusan Bupati adalah untuk kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, dan kegiatan kemahasiswaan di tingkat desa, tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten.

“Ini rangkaian ceritanya, hal-hal yang bersifat administratif kebijakan tapi di kriminalisasi. Karena itu saya yakin saya tidak bersalah, saya bukan koruptor. Apalagi nyuri-nyuri bantuan untuk pembangunan masjid, tidak akan seperti itu. Kok hanya kesalahan administrasi Bupati sebagai pemimpin daerah dikriminalisasi, dijadikan tersangka, seharusnya kesalahan administrasi diperbaiki administrasinya,”tegasnya.

Untuk itu, Bupati Hamim Pou kembali menegaskan apapun akan ia lakukan untuk membela dirinya.”Saya yakini ini jihad. Kalau begini keadaannya terus, kasihan rakyat yang rugi, padahal saya fokus untuk menurunkan kemiskinan rakyat Bone Bolango,”pungkasnya. (Hms/Afik-Kadir/toeb).