SMK Pertiwi Cilimus Selenggarakan Ujian Berbasis Komputer

:


Oleh MC Kabupaten Kuningan, Jumat, 18 Maret 2016 | 20:20 WIB - Redaktur: Tobari - 553


Kuningan, InfoPublik - Ujian Sekolah yang dilaksanakan pada bulan Maret 2016 SMK Pertiwi Cilimus menggunakan sistem Ujian Sekolah Barbasis Komputer (US-BK), dimana para siswa peserta ujian mengerjakan soal-soal menggunakan  komputer, tanpa alat tulis dan langsung terhubung ke server lokal.

Kepala SMK Pertiwi Cilimus U’u Surma, S.Pd, didampingi guru TIK Yovan Cayono, saat diwawancarai di kantornya, Selasa (15/3), mengatakan, Ujian Sekolah Berbasis Komputer (US-BK) ini merupakan implementasi dan pengembangan program TIK yang menjadi bagian dari jurusan yang ada di SMK Pertiwi Cilimus.

Pada US-BK ini komputer yang digunakan siswa dalam mengerjakan soal, tersambung langsung ke server lokal dan hasil ujian akan dapat diketahui saat itu juga. Sehingga cara ini jauh lebih simpel dibandingkan dengan pengerjaan soal secara manual.

Untuk memastikan keamanan sistem Ujian Sekolah Berbasis Komputer ini, tiap ruangan diawasi oleh tiga orang, yakni guru pengawas, teknisi dan proctor, sehingga tidak akan terjadi contek mencontek dan kecurangan bentuk lainnya.

Sementara untuk Ujian Nasional yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan April 2016, juga akan dilakukan secara on line, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (US-BK), dimana soal-soal UN dikerjakan dengan menggunakan fasilitas komputer yang disediakan pihak sekolah.

Seperti halya USBK, komputer yang digunakan peserta ujian tersambung langsung secara on line ke server pusat dengan menggunakan program khusus yang disediakan pihak pusat.

“Hasil UN akan dapat diketahui langsung saat itu juga, karena komputer yang digunakan siswa mengerjakan soal tersambung langsung ke server pusat,” jelas U’u.

Menurut U’u, Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kabupaten Kuningan baru dilaksanakan di beberapa sekolah saja, termasuk SMK Pertiwi Cilimus. Diharapkan dengan melalui  US-BK dan UN-BK ini dapat lebih memudahkan siswa peserta ujian dalam mengerjakan soal-soal, sehingga dapat menghasilkan nilai lebih baik. (mckuningan/dink s Arizona/toeb)