Walikota Siap Gabungkan Tiga Kota Besar Di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Jumat, 18 Maret 2016 | 15:31 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 212


Batam, InfoPublik  - Walikota Batam, Muhammad Rudi inginkan Batam sehebat Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Hal-hal baik dari tiga kota besar di Indonesia akan dilakukan juga di Batam dalam lima tahun kepemimpinannya bersama Wakil Walikota, Amsakar Achmad.

Dari Kota Surabaya, Rudi ingin mencontoh bagaimana Walikota,Tri Rismaharini mengelola lingkungan hidup. Pemerintah Kota Batam akan giat melakukan penghijauan untuk menyediakan lingkungan yang baik bagi masyarakat.

Sementara dari kota yang dipimpin Ridwan Kamil, Bandung, Rudi ingin mencontoh bagaimana Teknologi Informasi dimanfaatkan dalam pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Dan dari Basuki Thahaja Purnama alias Ahok, Rudi ingin mewujudkan birokrasi yang bersih seperti di ibukota negara, DKI Jakarta.

"Ketiga pimpinan daerah ini akan kita ikuti. Penghijauan sudah kita laksanakan. Pemanfaatan IT juga kita terapkan, 2016 berjalan. Kita buat semuanya ada di Batam. Saya yakin bisa, kalau Bapak Ibu mau semua, tidak sulit," kata Rudi di hadapan Pegawai Pemerintah Kota Batam di Temenggung Abdul Jamal, Kamis, (18/3).

Pada acara silaturahmi dengan Ahmad Dahlan, Walikota Batam periode sebelumnya tersebut, Rudi mengatakan penggantian kepemimpinan itu hal biasa. Ketika Dahlan menjadi Walikota, Presidennya adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Namun kini, tentu kecepatan gerak pemerintah berbeda dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini.

"Nawacita Presiden saat ini harus dilaksanakan. Pesan beliau cuma satu, kerja kerja kerja. Artinya kita harus mengikuti irama,"ujarnya. Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan hal senada. Ia berharap para pegawai Pemko Batam saat ini bisa menyesuaikan ritme gerak kepala daerah yang baru.

"Program tetap akan dilakukan ke depan, yang berubah hanya kecepatan saja. Misal pimpinan 100km/jam, yang 40 km/jam, 50 km/jam minggir saja dulu. Imbangi kecepatan gaya pimpinan kita saat ini," pesannya.Selain itu, ia juga berharap agar tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah bisa melakukan inovasi-inovasi. Sehingga pelaksanaan kegiatan dan pembangunan tidak hanya berjalan normatif.

"Butuh terobosan untuk penyelesaian masalah yang sifatnya permanen. SKPD harus seperti itu. SKPD harus kompeten dan bersinergis dengan pimpinan kita,"jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, sebagai pemenang dalam kompetisi pilkada lalu, Rudi-Amsakar tetap berkomitmen untuk melanjutkan apa yang sudah dibuat Walikota sebelumnya. Visi misi Kota Batam pun tetap dipertahankan, dan dilakukan penguatan-penguatan."Kepada Bapak Ahmad Dahlan, kami minta masukannya. Kami ini masih muda, belum cukup asam garam. Kalau Bapak kelebihan asam garam bagi-bagi lah itu," ujarnya.(MC.kota Batam/Eyv)