Bupati Tanah Datar Kunjungan Kerja Ke Kecamatan Tanjung Emas

:


Oleh MC Kab Tanah Datar, Jumat, 18 Maret 2016 | 15:10 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 359


Tanah Datar, InfoPublik - Keberhasilan pembangunan tidak terletak pada ketersediaan sarana dan prasarana,akantetapi perlu didukung komitmen bersama menjaga dan memeliharanya.

Demikian pernyataan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pesankan saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanjung Emas yang bertempat di Gedung Serba Guna Saruaso, Rabu, (16/03).

Irdinansyah ajak seluruh komponen masyarakat bahu membahu membangun daerah ini. Bantuan dan kucuran dana pembangunan tidak akan cukup-cukupnya kalau tidak diiringi tekad bersama  memanfaatkannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Hal ini diungkapkannya saat menanggapi keluhan masyarakat terhadap irigasi Batang Selo yang belum maksimal mengairi persawahan dari hulu sampai hilir.

Ia menambahkan, tahun ini, Irigasi Batang Selo mendapat kucuran dana dari APBD Provinsi untuk dilakukan pengerukan sehingga debit air akan semakin besar. Untuk itu bupati minta dinas terkait, camat dan kelompok petani pemakai air duduk bersama membahas mekanisme pengaturan pendistribusian air agar persawahan dapat dialiri secara merata.

"Saya minta komitmen masyarakat untuk menjaga dan menata dengan baik sarana yang sudah ada tersebut, pelihara sarana dan atur dengan adil jadwal pintu air sehingga seluruh masyarakat memperoleh manfaat", pintanya.

Selain itu, katanya, juga minta SKPD terkait untuk segera mengambil langkah-langkah yang jelas mengantisipasi datang musim kemarau yang bisa merugikan petani.Dalam diskusi juga terungkap rencana masyarakat nagari Pagaruyung sebagai bagian kecamatan Tanjung Emas menjadikan nagari Pagaruyung sebagai nagari wisata.

Istano Basa Pagaruyung objek wisata andalan Tanah Datar berada di nagari Pagaruyung ditambah lagi situs-situs sejarah yang banyak berada di Pagaruyung. 

Menurut Camat Tanjung Emas, Elvi Sandri, tekad menjadikan nagari Pagaruyung sebagai nagari wisata didukung dengan telah terbentuknya Badan Usaha Miliki Nagari (Bumnag) Pagaruyung beberapa waktu yang lalu sebagai wadah yang akan mendorong peningkatan perekonomian anak nagari khususnya bidang pariwisata.

Bupati mengapresiasi langkah nagari Pagaruyung sebagai nagari wisata. "Pemerintah daerah akan mendukung penuh program ini, diharapkan sektor pariwisata terus berkembang dan memberi kontribusi yang besar terhadap pendapatan daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ucapnya.

"Beberapa rencana kegiatan telah kita siapkan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Istano Basa Pagaruyung seperti pembangunan kios, penataan parkir dan lainnya,"tuturnya.

"Saya harapkan komitmen yang serius dari masyarakat Pagaruyung terhadap tekad tersebut, jadilah masyarakat sadar wisata dan bersama pemerintah daerah, kita tata sebaik mungkin komplek Istano Basa Pagaruyung sehingga pengunjung merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan dan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat setempat,"jelasnya.

Acara ini dilakukan  setelah pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tanjung Emas yang dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Helfy Rahmi Harun, turut dihadiri Anggota DPRD Dapil III, Eri Hendri, SP dan SKPD. (MC.Tanah Datar/Eyv).