Pemko Pematangsinatar Butuh Pemikiran Pengembangan Ekonomi

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Jumat, 18 Maret 2016 | 16:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 505


Pematangsiantar, InfoPublik – Kehadiran Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pematangsiantar-Simalungun harus memberikan nilai tambah terhadap munculnya berbagai pemikiran tentang strategi pengembangan perekonomian, dalam rangka mendukung pembangunan di daerah kita ini. Kontribusi pemikiran dari ISEI sangat dibutuhkan pemerintah daerah maupun stakeholder yang ada, karena sektor ekonomi merupakan tulang punggung kemajuan pembangunan.

Demikian pernyataan tersebut  dikatakan Walikota Pematangsiantar,Jumsadi Damanik dalam sambutannya dalam acara pelantikan Toga Sihite SE sebagai Ketua ISEI Komisariat Pematangsiantar Simalungun, bersama struktur pengurus lainnya oleh Pengurus ISEI Provinsi Sumatera Utara, Prof.Dr.Ramlan,MS, Jumat Pagi, (18/3) di Auditorium Universitas Simalungun. 

Walikota juga mengingatkan kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang bisa berdampak sosial terhadap masalah ketenagakerjaan jika tak diantisipasi sejak diri. Terutama dalam soal peningkatan kemampuan atau kapasitas sumber daya manusia.

Di sisi lain, hadirnya MEA juga bisa membuat negara kita hanya jadi konsumen produk negara-negara di Asean yang produsennya menguasai pasar. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, terutama kalangan dunia usaha dalam persaingan bisnis yang akan semakin ketat.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Universitas Simalungun (USI), Drs.Salmon Sinaga dan Rektor USI Prof.Dr.Marihot Manullang. Kedua berharap, agar kehadiran ISEI di Pematangsiantar dan Simalungun dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam pembangunan sektor-sektor ekonomi.

“Kehadiran ISEI harus menjadi mitra strategis pemerintah guna membangkitkan perekonomian,”ujar Rektor usai pelantikan, dilanjutkan dengan Seminar Sehari bertajuk: “Kesiapan Sektor Pendidikan dan Ketenagakerjaan Dalam Pelaksanaan MEA” dengan Nara Sumber: Prof.Dr.Ramlan, MS (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara), Rekson Silaban, SE (Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan), serta Togar Sitorus SE,MM (Ketua Komisi II DPRD Pematangsiantar). (Humas Pemko Pematangsiantar/Eyv)