Sensus Ekonomi 2016 Bakal Dilaksanakan 1-31 Mei Di Pematangsiantar

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Jumat, 18 Maret 2016 | 16:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 529


Pematangsiantar, InfoPublik – Sensus Ekonomi segera akan dilaksanakan mulai tanggal 1-31 Mei 2016 mendatang serentak di seluruh Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS).  Sensus ini memiliki arti penting, karena  merupakan fondasi bagi pengukuran kegiatan usaha di Indonesia.

Kegiatan ini akan menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi yang bermanfaat bagi pemerintah sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan, serta evaluasi pembangunan.

“Saya berharap kepada BPS Kota Pematangsiantar, berdasarkan UU No.16/1997 tentang Statistik, melakukan pendataan secara rerius melalui petugas lapangan. Sebagai petugas lapangan, peran saudara sangat penting, karena data dan informasi yang saudara kumpulkan akan menjadi landasan penyusunan kebijakan pembangunan nasional,”ujar Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik saat melepas 545  petugas sensus pada Apel Siaga, Jumat Pagi, (18/3) di Lapangan Parkir Pariwisata.

Pelepasan yang ditandai dengan penyematan tanda pengenal kepada masing-masing perwakilan petugas sensur dari delapan kecamatan, dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene oleh walikota. Bersamaan dengan bunyi sirene, dilepas  lima  buah balon berhadiah barang-barang elektronik oleh Kajari, Wakil Kapolres Pematangsiantar, mewakili Dandim 0207/Simalungun, Kepala BPS Pematangsiantar Syawaluddin Naibaho,M.Si serta perwakilan Bank Indonesia.

Di sisi lain, walikota juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat pelaku usaha maupun kalangan asosiasi pengusaha yang disensus, agar memberikan data-data yang benar serta dapat dipertanggungjawabkan. “Kita mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar untuk suksesnya Sensus Ekonomi Tahun 2016 ini, dengan memberikan data-data yang benar kepada petugas lapangan,”ujarnya.

Pada acara pelepasan yang dimeriahkan dengan penampilan grup Drum Band SMA Negeri 4 Pematangsiantar ini, para petugas lapangan juga melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat dengan pawai keliling mulai dari Lapangan Parkir, Jalan Merdeka, Jalan Wahidin, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman dan kembali ke Lapangan Parkir.

Tampak hadir pada kegiatan ini, para pejabat struktural Pemko Pematangsiantar, para perwakilan BUMN/BUMD, Asosiasi Pengusaha, serta kalangan Perbankan. (Humas Pemko Pematangsiantar/Eyv).