Seleksi Calon Mahasiswa Univrab Terapkan Computer Based Test

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 18 Maret 2016 | 09:40 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Pekanbaru, InfoPublik -- Matanya tertuju pada layar komputer. Sesekali jarinya menyentuh keybord komputer. Sambil menoleh tampilan proyektor didinding di laboratorium komputer ruang Multi Media Universitas Abdurrab (Univrab).

“Silahkan masukkan nomor pendaftaran anda,” suara pria itu terdengar memberikan instruksi kepada calon mahasiswa yang mengikuti seleksi ujian masuk Unibrab Rabu 16 Maret 2016.

Dialah Salamun S.Kom M.Kom, salah satu tim puskom Univrab yang ditugaskan memberikan penjelasan cara ujian mengunakan Computer Based Test (CBT) pada ujian masuk Univrab gelombang I tahun tahun ajaran 2016/2017.

Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengunakan sistem manual.Hanif Febriko M.Kom ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Univrab mengungkapkan, “Tahun ini memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya. Kita ingin memberikan rasa nyaman dan pelayanan yang terbaik bagi calon mahasiswa yang masuk Univrab,” lanjut Hanif.Selain memudahkan bagi siswa yang ikut tes, dengan sistem CBT ini penyimpanan data menjadi lebih rapi karena semuanya berbentuk file dan mudah untuk dicari, Hanif mencontohkan.

Senada dengan Hanif, Wakil Rektor I Univrab Dr (cand) M Saeri M.Hum saat ditemui diruang kerjanya mengungkapkan bahwa penerimaan mahasiswa Univrab tahun ajaran 2016/2017 mengunakan CBT akan sangat memudahkan panitia dalam melakukan seleksi.

Dosen Hubungan Internasional ini lebih lanjut memaparkan beberapa keunggulan dari CBT.Tingkat kejujuran peserta dalam mengerjakan soal akan lebih tinggi karena soal diacak oleh sistem, hal ini akan menyulitkan peserta untuk berkerjasama. Waktu yang digunakan akan sama antar semua peserta karena sistem secara otomatis akan menyimpan dan tertutup saat waktu telah berakhir.

"Selain itu, kerja panitia akan mengunakan waktu yang lebih cepat, setelah tes hasil akan langsung diketahui. Panitia tidak perlu lagi memeriksa karena sistem yang langsung memeriksa,"ujarnya.

Ia berharap penerapan sistem CBT dalam seleksi masuk ini, Univrab bisa mendapatkan mahasiswa yang memilki potensi akademik yang baik, walaupun ada indikotor lain yang menjadi syarat dan pertimbangan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Univrab. Tes kesehatan dan prestasi atau potensi yang dimiliki oleh calon mahasiswa tersebut, Saeri mencontohkan.

“Dengan sistem Computer Based Test kita tidak perlu lagi membulatkan jawaban yang dipilih, tinggal diklik saja jawaban yang kita anggap benar," ujar Saeri, seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Salah satu siswa yang ikut tes, bernama Yudi mengatakan, bahwa dengan dilaluinya tes menggunakan komputer tadi ia tidak direpotkan lagi dalam mempersiapkan alat tulis, ucap siswa yang memilih Prodi Kedokteran Univrab tersebut.

Alumni SMA N 1 Bukit Tinggi tersebut merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengikuti tes masuk Univrab dengan sistem CBT.“Saya senang dengan tes hari ini, semoga saya bisa lulus di Kedokteran Unibrab,” ucap Yudi mengakhiri pembicaraan. (MC Riau/mad/eyv)