Bintan Masuk Nominasi 10 Besar Daerah Dengan Kinerja Terbaik Tingkat Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Bintan, Kamis, 17 Maret 2016 | 09:02 WIB - Redaktur: Tobari - 466


Bintan, InfoPublik - Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melakukan peninjauan ke Kabupaten Bintan, setelah masuk sebagai 10 besar nominator penghargaan Lembaga Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atau LPPD dari Kementerian Dalam Negeri, sebagai bentuk penilaian kinerja Kepala Daerah.

Rombongan tim penilai dari Kemendagri ini dipimpin oleh Nurwahyudi  fasilitator program dit. EKPKD (Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah), dan sudah berada di Bintan sejak Selasa (14/3). Dan akan meninjau Kabupaten Bintan selama 3 hari hingga Kamis (16/3).

Rombongan berjumlah 5 orang, yang terdiri dari tim penilai Kementerian Dalam Negeri, termasuk salah satunya perwakilan media nasional. 

Tim penilai penghargaan LPPD ini berkunjung ke pusat pemerintahan Kabupaten bintan, pada Rabu (15/3), untuk mengikuti penjelasan, dan meninjau langsung terkait pembangunan di Kabupaten Bintan.

Rombongan disambut l oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, S.Sos, Wakil Bupati Bintan Drs. Dalmasri Syam, MM Sekda Bintan Ir.lamidi, MM, dan sejumlah jajaran Pemerintahan Kabupaten Bintan. Yang sebelumnya mereka telah meninjau beberapa wilayah Kabupaten Bintan pada hari Selasa (14/3). 

"Saya ingin melihat langsung, apa yang membuat Bintan ini masuk dalam nominasi 10 besar," demikian dikatakan oleh Nurwahyudi. 

Kepala Bappeda Kab. Bintan Setioso, dalam pertemuan itu menjelaskan secara langsung perkembangan di Bintan dalam 5 tahun terakhir, kepada rombongan tim penilai dari Kemendagri.

Berbagai macam inovasi dan pembangunan, dari berbagai macam aspek di Kabupaten Bintan disampaikan, seperti pelayanan informasi tata ruang online, pelayanan terpadu, serta program pemberdayaan masyarakat disampaikan secara lugas karena inovasi dalam pembangunan merupakan bentuk penilaian dari Kemendagri kepada daerah yang masuk sebagai nominator penghargaan ini. 

Setelah pemaparan secara jelas singkat dan padat oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bintan Setioso, dilanjutkan dengan tanya jawab terkait pemaparan tersebut.

Ada beberapa hal yang menarik perhatian tim penilai dari Kemendagri, seperti relokasi suku laut, pembangunan pelabuhan berakit, budidaya bakau, pemberdayaan masyarakat pesisir, inovasi pelayanan tata ruang sebagai kemudahan bagi para investor, dan beberapa hal lainnya yang tentu saja berbeda dari 9 daerah lain yang juga masuk dalam nominasi penghargaan ini.

Lebih lanjut Sekda Bintan Ir.Lamidi, MM juga turut menyampaikan pemaparan dan penjelasan menanggapi  pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim penilai. Termasuk perkembangan wilayah Kabupaten Bintan terkini. 

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam juga memberikan tambahan terkait permasalahan suku laut, bahwa program ini merupakan program lama yang bisa dikatakan sukses dilaksanakan di Bintan.

"Ini merupakan program lama, yang bisa dibilang sukses. Dan khusus di Bintan suku laut sudah dimukimkan di dua titik, di Air Kelubi dan Berakit," ungkapnya. 

Bupati Bintan Apri Sujadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri RI yang sudah datang mengunjungi Kabupaten Bintan dalam rangka penilaian LPPD Kabupaten Bintan, yang saat ini sudah masuk kepada tahap nominasi 10 besar tingkat nasional.

Dan kami juga akan bekerja keras dan berusaha untuk meraih peringkat terbaik. "Terima kasih kepada rombongan kemendagri, kami akan melengkapi syarat dan berkas yang dibutuhkan sebagai bahan penilaian," katanya. 

Selanjutnya rombongan kemendagri, melanjutkan peninjauan ke beberapa lokasi yang ada di Bintan, untuk melakukan penilaian langsung bagaimana perkembangan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Bintan. Pengumuman penilaian LPPD ini direncanakan akan diumumkan pada tanggal 25 April 2016 di Istana Negara, Jakarta, yang bertepatan juga dengan Hari Otonomi Daerah. (mc kab bintan/toeb)